Home / Pemilu 2019 / Partisipasi Masyarakat Gunakan Hak Suara Lebihi Target KPU Tabalong

Partisipasi Masyarakat Gunakan Hak Suara Lebihi Target KPU Tabalong

TVTABALONG.COM – Jumlah partisipasi masyarakat Tabalong dalam memberikan hak suaranya di pemilu 2019, melebihi target Komisi Pemilihan Umum Tabalong.

KPU Tabalong menargetkan setidaknya 77 persen dari daftar pemilih, dapat memberikan hak suaranya. Namun dalam pelaksanaannya, partisipasi masyarakat justru lebih besar, bahkan mencapai 81 persen.

Untuk pemilihan presiden dan wakil presiden, dari 176.151 Daftar Pemilih Tetap Tabalong, tingkat partisipasi pemilih mencapai 139.906. Sedangkan suara daftar pemilih tambahan sebanyak 2.884 pemilih dan daftar pemilih khusus sebanyak 6.151.

Keseluruhan jumlah pengguna hak pilih sebesar 148.941, dimana surat suara sah sebesar 144.544 sedangkan surat tidak sah sebanyak 4.397.

Komisioner KPU Tabalong Divisi Sosialisasi, SDM, dan Partisipasi Masyarakat, Muhammad Husain, mengapresiasi masyarakat Tabalong, yang telah berpartisipasi menggunakan hak pilih.

Menurutnya, peningkatan partisipasi ini merupakan bentuk kedasaran demokrasi masyarakat sebagai warga negara.

“untuk partisipasi pemilih di Kabupaten Tabalong pada pemilu 2019 tadi yaitu dari 176.151 DPT, yang hadir mencapai 81 persen yaitu 139.906” jelas Husain

Husaini menambahkan,untuk tingkat provinsi, Kabupaten Tabalong berada di peringkat enam tingkat partisipasi pemilih, dari 13 kabupaten kota di Kalimantan Selatan.

Tabalong berada di bawah Kabupaten Batola sebesar 81,40 persen. Dan peringkat pertama partisipasi masyarakat tertinggi, diraih Kabupaten Tapin dengan 88,14 persen.

Reporter : Syarif Hidayat | Redaktur : Hendriyani

Check Also

LIPI Rekomendasikan Kebun Raya Tanjung Puri Menjadi Lahan Konservasi

TVTABALONG.COM – Dalam Master Plan yang dibuat Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), direkomendasikan Kebun Raya …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: