Nutrisionis Dinkes Tabalong : Jangan Jadikan Lebaran Ajang “Balas Dendam”

by admintv
0 comment

TV Tabalong – Saat lebaran tak lengkap rasanya kalau tidak ada acara makan bersama keluarga atau tamu yang datang. Seperti biasa beragam makanan tersaji di meja makan, mulai dari ketupat , lontong, dan aneka kue kering lainnya. Meski semua nikmat untuk dimakan, mengatur pola makan saat lebaran dan pasca lebaran tetap harus dilakukan, meski sudah tidak berpuasa.

Menurut Nutrisionis Dinas Kesehatan Tabalong, Catur Yudha Murtopo, terdapat lima hal yang harus dilakukan untuk menerapkan pola makan sehat saat lebaran. Seperti, memperhatikan porsi makan, membatasi makanan berminyak dan jeroan, mengurangi makanan yang manis, dan mengkonsumsi buah dan sayur serta minum air putih yang cukup.

Catur Yudha Murtopo juga menjelaskan, saat lebaran dan pasca lebaran merupakan momen yang tepat dalam menerapkan pola makan yang sehat. Pasalnya seseorang khususnya yang beragama muslim sudah dapat menahan makan berlebih saat berpuasa di bulan ramadhan, terutama dalam mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang.

 ‘’jadi jangan di jadikan lebaran ini untuk ajang balasa dendam tetapi jadikanlah sebagai satu momentum juga untuk menerapkan atau keberlangsungan juga dari menu-menu makan sebelum-sebelumnya yang kita sudah baik di masa ramadhan dan juga di teruskan di hari raya idul fitri atau masa lebaran dan juga setelah lebaran jadi tetap menjaga makanan-makanan tetap mengatur makanan-makanan seperti yang di sebutkan tadi, jangan jadikan juga lebaran ini menjadi lebar’an” Kata Catur Yudha Martopo, Nutrisionis Dinkes Tabalong.

Mengatur pola makan dengan gizi seimbang sangat bermanfaat bagi tubuh. Seperti dapat memenuhi asupan gizi dan energi yang di butuhkan tubuh, mencegah berbagai macam penyakit, menjaga berat badan tetap ideal, dan lain sebagainya. (Gazali Rahman).

Related Articles

Leave a Comment