Musrenbang RKPD 2020 – Fokus Tingkatkan Kualitas SDM

TVTABALONG.COM – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Tabalong, melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD), pada Selasa 26 maret di Pendopo Bersinar.

Dalam rancangan awal RKPD tahun 2020, pemerintah daerah telah menentukan tema RKPD tabalong tahun 2020, yaitu Peningkatan Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas Untuk Memacu Pertumbuhan Ekonomi. RKPD dibagi dalam 3 prioritas, seperti peningkatan pendapatan dan tata kelola keuangan daerah, peningkatan pelayanan publik dan pengembangan SDM, serta pengembangan agribisnis agroindustri dan agrowisata.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Mahdi Noor Mengatakan, Musrenbang RKPD kali ini untuk menggali masukan atau usulan dari berbagai unsur pemerintah, lembaga swayada masyarakat, pihak perusahanaan, serta stakeholder terkait. Sehingga dapat mematangkan konsep RKPD tahun 2020, agar dapat menjadi rancangan akhir RKPD.

“masukan itu akan menjadi penyempurnaan dari rancangan awal menuju ke rancangan, setelah itu nanti kita akan melakukan perbaikan sesuai dengan masukan ini, setelah itu nanti kita akan bahas lagi dengan TAPD yang dipimpin Sekda, nah itu akan menjadi rancangan” jelas Mahdi

“baru nanti akan kita sempurnakan lagi ke verifikasi provinsi dan setelah itu akan menjadi rancangan akhir. nah rancangan akhir nanti kita akan kirim ke DPRD Kabuapten Tabalong untuk dilakukan pembahasan” lanjutnya

“setelah itu kalau sudah ada kesepakatan insya Allah akan menjadi APBD tahun 2020” jelas Mahdi lagi

Dalam RKPD 2020 juga disusun terget mengenai pembangunan. Seperti peningkatan indeks pembangunan manusia, angka harapan hidup di angka 70,21 tahun, rata-rata lama sekolah 8,99 tahun, dan persentase penduduk miskin 5,85 persen. Selain itu juga ditargetkan laju pertumbuhan ekonomi 3,87 persen, dan tingkat pengangguran terbuka 3,05 persen.

Reporter : Sherly Nova Arianti Redaktur : Hendriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: