Mantapkan Pemahaman, KPU Beri Bimtek Puluhan PPK se Tabalong

TVTABALONG.COM – Sebanyak 60 panitia pemilihan kecamatan di 12 kecamatan di Tabalong pada Rabu (3/4/2019), mendapat bimbingan teknis pemantapan pemungutan dan perhitungan suara serta rekapitulasi suara Pemilu 2019. Kegitan bertujuan untuk memantapkan pemahaman PPK, untuk menghindari kesalahan perhitungan suara.

Dalam pelatihan ini, PPK dituntut memahami potensi sengketa pemilu, akibat pelaksanaan yang salah pada saat perhitungan suara. Sehingga proses pemungutan suara berjalan lancar.

Komisioner KPU Tabalong Divisi Teknis, Murjani mencontohkan, jika terdapat pemilih pindahan yang berbeda kabupaten, maka PPK wajib mengetahui bahwa pemilih hanya mendapat empat surat suara. Sedangkan satu surat suara DPRD Kabupaten, tidak dapat digunakan pemilih bersangkutan.

kita menekankan sekali pada PPK, ppk akan menekankan ke KPPS, KPPS akan membimtek PPS  sebagai ujung tombak, agar jangan sampai salah memberikan surat suara kepada pemilih DPTB”ujar Murjani

“misalnya mereka pindah dapil, misalnya dari dapil 3 di utara tetapi memilih di dapil 2 di Selatan, maka pemilih hanya mendapat 4 surat suara, salah memberi itu akan menjadi problem besar yang akan mengarah pada PSU”


Dalam bimtek ini, PPK juga mendapat pemantapan aplikasi Sistem Informasi Pemilihan Suara atau Situng. Dimana aplikasi situng menjadi salah satu tolak ukur bagi kesukseskan pemilu, karena sebagai transparansi kinerja KPU selaku penyelenggara penghitungan suara.

Reporter : Syarif Hidayat | Redaktur : Hendriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: