Lewat Toples Berhantu, 3 Siswi SD Ini Ingatkan Pentingnya Jaga Lingkungan

TVTABALONG.COM – Toples Berhantu, Itulah nama proyek sains yang dibawakan tiga orang siswa SD Negeri Cakung Permata Nusa. Nama tersebut diambil karena toples ini dapat menghilangkan asap buatan, yang telah dikurung di dalam toples.

Tahap pertama, siswa memasukan asap dari obat nyamuk ke wadah toples yang kedap udara. Di dalam toples ditaruh kapas, air, dan daun trembesi. Setelah obat nyamuk padam, tidak berlangsung lama asap yang ada di dalam toples berangsur hilang.

Salah satu siswa, Nopi Nur Azizah menuturkan, di dalam penelitian pembuatan toples ini, ia membandingkan toples yang berisi daun trembesi dan yang tanpa daun. Hasilnya toples yang berisi daun trembesi dapat menghilangkan asap yang ada di dalam toples. Azizah menyimpulkan, daun trambesi memiliki fungsi menyerap asap.

Nur Azizah menambahkan, penelitian tersebut diambil untuk mengingatkan semua orang tentang pentingnya pohon dalam menjaga lingkungan dari polusi udara. Ia mengajak masyarakat untuk tidak menebang pohon sembarangan, serta melakukan penghijauan bersama-sama.

“kami ingin membandingkan bumi yang memiliki pohon dan yang tidak, dengan cara membuat toples berhantu” ucap Nur Azizah

“di toples ini ada yang memiliki daun dan ada yang tidak, dan hasilnya toples berisi daun lebih cepat menyerap asap, sedangkan yang tidak memiliki daun lebih lama (menyerap asap)sambungnya

Toples berhantu ini, merupakan salah satu proyek sains yang dipamerkan pada Science Party yang diselenggarakan Yayasan Adaro Bangun Negeri, 28 Maret lalu. Science Party merupakan agenda rutin YABN, dalam memfasilitasi kreativitas sekolah bimbingannya.

Ketua panitia Science Party 2019, Adi Rakhmansyah menuturkan, melalui kegiatan ini, pihaknya ingin mengasah keterampilan dan memberi wadah siswa menunjukan proyek sains, yang sebelumnya telah dipelajari di sekolah.

“Harapannya event ini berlangsung terus dengan di support YABN, Dinas Pendidikan Tabalong, dan semua guru di Tabalong, agar nantinya akan ada peneliti-peneliti handal di Tabalong” harap Adi

Sebelumnya, pada 28 maret lalu, Yayasan Adaro Bangun Negeri adakan Science Party yang diikuti 19 stand di tingkat sekolah dari Tabalong, Balangan, dan Barito Timur. Dimana siswa menampilkan proyek sains berbeda beda seperti, robot pemamah sampah, lilin dari minyak jelantah, alarm gempa, dan kursi hidrolik.

Reporter : Syarif Hidayat | Redaktur : Hendriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: