“Lentera Kerang Emas” Solusi Pedagang Terhindar Jeratan Rentenir

by admintv
0 comment

Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani, memaparkan program inovasi pelayanan publik bertajuk lentera kerang emas, atau lawan rentenir dengan kredit gerbang emas, kepada tim panel independen kompetisi inovasi pelayanan publik Kemenpan-RB republik Indonesia. Inovasi ini dipresentasikan secara virtual pada 11 Juli 2022, di Aula Tanjung Puri Setda Tabalong. Program lentera kerang emas sebelumnya berhasil masuk top 99 inovasi pelayanan publik tahun 2022, dan dalam tahap penilaian menuju top 45 inovasi pelayanan publik.

Dalam paparannya, Bupati Anang menyampaikan, Program Lentera Kerang Emas merupakan solusi  yang ditawarkan Pemkab Tabalong, untuk memberikan kemudahan pinjaman modal bagi para pelaku usaha, sehingga terhindar dari rentenir. Sementara itu, untuk program kredit gerbang emas diluncurkan tahun 2017, dan terus berinovasi setiap tahunnya hingga menjadi lentera kerang emas.

Bupati Anang juga memaparkan lima keunikan dan pembaruan dari program lentera kerang emas. Pertama memberlakukan rekomendasi teknis dari organisasi perangkat daerah terkait pembinaan terhadap pelaku usaha. Kedua, memberikan kemudahan kredit dengan bunga nol persen, plafon pinjaman satu hingga 25 juta rupiah, tenor satu tahun, dan disalurkan oleh BUMD Tabalong PT BPR Tabalong bersinar. 

Ketiga, adanya hubungan harmonis antara pemerintah dan DPRD, yang dibuktikan dengan meningkatnya penyertaan modal PT BPR Tabalong bersinar setiap tahunnya. Keempat, lentera gerbang emas menjadi generik model, dan direkomendasikan oleh ojk bagi kabupaten-kota yang ingin melakukan studi banding. Serta terakhir, program ini mengutamakan pelaku usaha mikro dan wirausaha baru.

“Kami sudah siapkan sumber dayanya, kami sudah siapkan polanya, kemudian payung hukumnya, dan inshaallah ini akan menjadi sebuah model dalam rangka melindungi pelaku usaha dari para rentenir, dan kami juga didukung oleh OJK.” Kata Anang Syakhfiani, Bupati Tabalong.

Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Tabalong, Husin Ansari optimis, program lentera kerang emas masuk top 45 inovasi pelayanan publik tahun 2022, yang diselenggarakan Kemenpan-RB RI. Ia pun meminta, dukungan dan doa dari seluruh masyarakat Kabupaten Tabalong.

“Harapan kita bersama dengan adanya inovasi ini kita bisa melawan rentenir, yang kedua menggerakkan ekonomi di Kabupaten Tabalong, sehingga pelaku usaha mikro tumbuh dan berkembang.” Kata Husin Ansari, Kepala Diskop-UKM & Perindag Tabalong.

Husin Ansari menceritakan, sebelumnya untuk Program Kredit Gerbang Emas berhasil memperoleh penghargaan TPAKD award tahun 2019, yang diselenggarakan ojk. Kemudian program ini terus berinovasi menjadi lentera kerang emas, dan kembali dilombakan untuk kompetisi inovasi pelayanan publik tahun 2022. (Alfi Syahrin, TV Tabalong).

Related Articles

Leave a Comment