KUA PPAS 2023 Tabalong Tetapkan 5 Program Prioritas

by admintv
0 comment

Pemerintah Kabupaten Tabalong dan DPRD Tabalong menggelar rapat paripurna DPRD ke-10 masa sidang 2 tahun 2022, terkait penyampaian Kebijakan Umum Anggaran, dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA PPAS) tahun 2023, pada 7 Juli 2022, di Gedung DPRD Tabalong. Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani menyampaikan, penyusunan KUA PPAS tahun 2023 memperhatikan beberapa faktor, seperti asumsi ekonomi makro dengan mempertimbangkan asumsi ekonomi nasional dan Provinsi, target pertumbuhan ekonomi dan IPM, serta target penurunan tingkat kemiskinan, pengangguran, rasio gini, dan inflasi.

Bupati Anang menambahkan, untuk melaksanakan target kegiatan pembangunan ini, ditetapkan lima prioritas pembangunan dalam KUA PPAS tahun 2023, yaitu meningkatkan kualitas dan daya saing SDM, memperkuat ketahanan ekonomi melalui diversifikasi ekonomi, meningkatkan kualitas infrastruktur untuk mendukung perekonomian dan pelayanan dasar, menjaga kualitas lingkungan hidup dan ketahanan bencana, serta tata kelola pemerintahan yang baik.

“Apabila terjadi perubahan target pendapatan sesuai aturan yang berlaku, baik yang ditetapkan melalui Peraturan Menteri Keuangan maupun Peraturan Presiden, maka belanja akan disesuaikan pada tahapan penganggaran sesuai dengan arah kebijakan daerah dalam RKPD tahun 2023.” kata Bupati Anang

Bupati Anang juga menyampaikan, proyeksi pendapatan daerah tahun 2023 mencapai Rp 1 triliyun 451 milyar, dengan rencana alokasi belanja daerah mencapai Rp 1 triliyun 499 milyar. Lalu sisa lebih perhitungan anggaran tahun sebelumnya yang sebesar Rp 90 milyar, dikurangi pengeluaran pembiayaan Rp 42 milyar , sehingga pembiayaan netto diproyeksikan 48 milyar. (Alfi Syahrin)

Related Articles

Leave a Comment