Kriteria Kesejahteraan Pekerja

TVTABALONG.COM – Upah Minimum Kabupaten, menjadi dasar utama serikat pekerja mengukur kesejahteran para pekerja di Tabalong. Saat ini sekitar 80 hingga 90% para pekerja di Tabalong sudah masuk kriteria sejahtera, hal ini disebabkan hampir seluruh perusahaan di Tabalong, telah membayar pekerjanya sesuai UMK.

Saat ini, upah minimum kabupaten Tabalong berada di angka Rp 2.535.870. Angka ini berada diatas upah minimum provinsi Kalsel,  sebesar Rp 2.454.000

Saat ditanya terkait kesejahteraan pekerja, ketua Serikat Pekerja Tambang PT Buma, Runi Falsah, dari 253 perusahaan di Tabalong, hampir seluruhnya telah memberikan upah pekerja sesuai dengan UMK Tabalong,  yang berarti para pekerja di Tabalong telah memasuki kriteria sejahtera.

Penggajian berdasarkan UMK sendiri, telah diatur dalam undang undang nomor 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan, yang menjelaskan tentang larangan bagi pengusaha, membayar upah lebih rendah dari upah minimum.

Runi yang juga tergabung dalam Forum Serikat Pekerja Mandiri ini mengakui, memang ada beberapa perusahaan berskala kecil di Tabalong, yang tidak menerapkan UMK dalam membayar pekerjanya. Pengusaha tersebut, membayar para pekerjanya, disesuaikan dengan kemampuan perusahaan.

Sedangkan bagi pengusaha yang tidak mampu membayar upah pekerjanya sesuai dengan standar UMR, maka harus ada kesepakatan antara pengusaha dan pekerjanya, dengan dilampirkan surat penangguhan dari pihak yang berwenang.

(Hendriyani, Muhammad Aditya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: