KPU Tekankan PPS Tempel Salinan C1 di Ruang Publik

TVTABALONG.COM – Berdasarkan asas keterbukaan informasi publik, Komisi Pemilihan Umum Tabalong mengimbau panitia pemungutan suara menempel salinan formulir model C1 di berbagai ruang publik.

Muhammad Husain menuturkan, dalam PKPU Nomor 3 tahun 2019, form C1 yang berisi perhitungan lima jenis surat suara wajib ditempel di lingkungan TPS yang mudah diakses publik selama tujuh hari.

“kita imbau kepada PPK, PPS Untuk melaksanakan aturan tersebut, dan sejauh ini sudah dilaksanakan. Jadi warga masyarkat yang ingin mengetahui dapat datang ke kantor desa atau tempat pengumuman strategis di sekitar desa” kata Husain

Komisioner KPU Tabalong divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat ini menambahkan, anggota PPS yang tidak mengumumkan salinan sertifikat hasil perhitungan suara, dapat dipidana dengan kurungan paling lama 1 tahun penjara, dan denda paling banyak Rp 12 juta. Hal tersebut didasari pada undang-undang nomor 7 tahun 2017 pasal 508.

Form C1 yang asli atau berhologram disimpan didalam kotak suara, dan akan dibuka saat rapat pleno di tingkat kecamatan maupun tingkat kabupaten, untuk menentukan jumlah pasti di lima jenis surat suara.

Reporter : Syarif Hidayat | Redaktur : Hendriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: