KPU Tekankan Pentingnya Gunakan Hak Pilih di Pemilu

TVTABALONG.COM – Adanya sebagian warga Tabalong yang belum menentukan pilihan calon legislatif, menjadi salah satu landasan komisi pemilihan umum Tabalong, berupaya berikan pemahaman tentang pentingnya menggunakan hak pilih demi mendapat pemimpin yang berkualitas. Masyarakat juga didorong berperan aktif, menggali informasi visi misi calon presiden wakil presiden dan calon legislatif 2019.

Komisioner KPU Tabalong Divisi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat, Cicik Agus Sulistiani mengatakan, pihaknya melalui petugas PPS, PPK, Relawan Demokrasi serta pihak terkait, hingga kini terus terjun ke masyarakat di berbagai acara formal dan non formal, untuk memberikan pemahanan kepemiluan.

Materi yang disampaikan, diantaranya pengenalan capres, cawapres, dan caleg. Selain itu juga disosialisasikan cara coblos surat suara, jumlah dan jenis surat suara, cek nama di DPT, tata cara pindah memilih, tanggal dan jam pemilihan, seerta pentingnya peran aktif masyarakat dalam pemilu.

Cicik menekankan warga, untuk mengetahui nama dan nomor urut serta partai yang akan dipilih. Pasalnya kertas surat suara tidak akan mnecantumkan foto caleg. Tetapi pemilih dapat melihat surat suara lengkap dengan foto caleg, yang akan disediakan dibagian luar tps sebelum memasuki bilik suara.

“jika memang sudah mempunyai pilihan caleg silahkan diingat fotonya, setelah ingat maka ingat juga nama dan dari parpol mana supaya dalam bilik suara tidak bingung mencari nama-namanya.” imbau Cicik

“kemudian salah satu hal yang memudahkan di TPS ini bahwa di setiap TPS akan menyediakan papan informasi menempel peserta pemilu” lanjutnya

“Presiden, Wakil Presiden, DPR Pusat, DPD, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten, jadi di papan informasi tersebut ditempelkan dengan foto yang cukup besar” jelas Cicik

Cicik menambahkan, untuk mensosialisasikan pendidikan pemilih, KPU Tabalong juga menggunakan media sosial sebagai sarana penyebaran informasi kepemiluan dengan menbagikan informasi di media whatsapp group.

Redaktur : Syarif Hidayat | Redaktur : Hendriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: