KPU Tabalong Simulasikan Pemungutan Suara

TVTABALONG.COM – Untuk memberikan pemahaman dan gambaran secara jelas terkait kepemiluan, Komisi Pemilihan Umum mensimulasi pemungutan dan perhitungan suara pemilu 2019, pada kamis (11/4/2019). Simulasi dibuat semirip mungkin dengan aslinya, dengan mempraktekkan pemungutan sampai perhitungan suara.

Di TPS simulasi telah disediakan peralatan pemilu seperti, kotak suara, bilik suara, dan surat suara. Simulasi ini juga melibatkan unsur yang terdiri dari KPPS, PPS, Linmas, Saksi dan pengawas TPS.

Ketua KPU Tabalong, Ardiansyah mengatakan, simulasi yang dilakukan kali ini juga merupakan bagian dari evaluasi penanganan potensi masalah pada saat pencoblosan, bagi anggota KPPS dan PPK. Sehingga jika terjadi masalah, petugas dapat mencari solusi solusi bahkan menghindarinya.

tujuan dari simulasi nasional ini pertama merupakan bentuk bagian dari sosialisasi go publik untuk menyampaikan bahwasanya proses pemilu 2019 maka contohnya seperti yang kita laksanakan pada hari ini sehingga masyarakat juga bisa dapat melihat” jelas Ardiansyah

Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani yang mengikuti simulasi ini mengharapkan panitia pemilu dapat mengatur waktu perhitungan suara agar cepat dan efisien. Pasalnya panitia akan dihadapkan dengan lima surat suara, yang perhitungannya diperkirakan memakan waktu lama.

“Saya berpesan kepada para penyelenggara, jalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya.” kata Bupati

“Saya memahami bebannya cukup berat. Tetapi ini adalah tugas mulia yang dibebankan kepada saudara sekalian, dari penyelenggara tingkat kabupaten sampai tingkat TPS”

Simulasi yang diadakan KPU Tabalong, langsung dipraktekkan Bupati Tabalong, pejabat pemerintah daerah, anggota PPK, bahkan masyarakat. Selain itu simulasi juga menghadirkan pemilih dari penyandang disabilitas.

Reporter : Syarif Hidayat | Redaktur : Hendriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: