Home / Pemilu 2019 / KPU Tabalong Buka Pendaftaran Relawan Demokrasi Pemilu 2019

KPU Tabalong Buka Pendaftaran Relawan Demokrasi Pemilu 2019

TVTABALONG.COM – Sejak tanggal 09 Januari hingga 21 Januari 2019, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tabalong membuka kesempatan bagi 55 orang, untuk menjadi relawan demokrasi. Mereka akan menjadi mitra kerja, dalam meningkatkan partisipasi memilih dalam pesta demokrasi pilpes dan pileg 2019.

Anggota KPU Tabalong, Cicik Agus Sulistiani, menuturkan, tugas relawan memberikan pendidikan pemilih kepada masyarakat.

Selain itu, juga mensosialisasikan informasi pemilu dalam membedakan lima surat suara, dan tata cara mencoblos.

Relawan diutamakan dari 10 basis pemilih, yang nantinya dijadikan sebagai relawan demokrasi untuk bersosialisasi. Yakni di lingkungan keluarga, pemula, pemuda, perempuan, disabilitas, berkebutuhan khusus, kaum marginal, komunitas, keagamaan, ormas dan netizen.

Cicik menambahkan, persyaratan yang harus dipenuhi oleh pendaftar di antaranya, KTP yang berdomisili di Tabalong, berusia mininal 17 tahun pada saat mendaftar, khusus relawan pemula maksimal 25 tahun, pendidikan minimal SMA atau sederajat, dan tidak menjadi anggota partai politik.

Setelah relawan pemilu dibentuk, tahapan selanjutnya yakni pengumuman dan pemberian materi melalui bimtek, dan diperkirakan awal februari para relawan sudah mulai bertugas.

Reporter : Syarif Hidayat | Redaktur : Hendriyani

Check Also

200 Personil Amankan Rapat Pleno Kabupaten

TVTABALONG.COM – Guna memastikan kelancaran penyelenggaraan rapat pleno rekapitulasi dan penetepan penghitungan suara tingkat kabupaten, …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: