KPU, Bawaslu & Parpol Setujui Jumlah DPT Tabalong Untuk Pemilu 2019, Ini Jumlahnya

TVTABALONG.COM – Sebanyak 176.445 pemilih di Tabalong, dinyatakan sebagai pemilih tetap pada pemilu 2019 mendatang.

Dari total Daftar Pemilih Tetap (DPT) keseluruhan, jumlah pemilih laki laki terdata sebanyak, 87.883 pemilih. Pemilih perempuan sebanyak, 88.562 pemilih.

Jumlah tersebut berdasarkan hasil perhitungan dari 121 desa dan 10 kelurahan, yang berasal dari 12 kecamatan yang ada di Tabalong.

Baik KPUD Tabalong, Bawaslu maupun partai politik, menyepakati jumlah DPT tersebut, saat rapat pleno rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan  (DPTHP) tahap 2, yang dilakukan Senin (12/11/2018) tadi di Gedung Informasi Tanjung.

Saat diwawancara tvtabalong.com, komisisoner KPUD Tabalong, Irisandy Winata Nasution, mengungkapkan, jumlah tersebut didapat dari hasil verifikasi data pemilih ganda, data pemilih tidak yang memenuhi syarat, dan data pemilih baru.

Selain itu, data tersebut juga merupakan hasil laporan masyarakat, saat gerakan melindungi hak pilih menggunakan aplikasi sistem elektronik.

Sementara Komisioner Bawaslu Tabalong, Fahmi Failasopa, menilai baik kinerja KPU dalam melakukan pencermatan data pemilih di Tabalong.

Namun Bawaslu Tabalong masih memberikan beberapa rekomendasi kepada KPU, terkait pelaksanaan pleno di tingkat kecamatan, dan penyusunan daftar pemilih tambahan, pasca ditetapkannya jumlah DPT di Tabalong.

Selanjutnya hasil rapat pleno tingkat kabupaten ini, akan dirapat plenokan kembali di tingkat provinsi dan tingkat nasional.

Sehingga pada tanggal 15 november mendatang data tersebut ditetapkan secara nasional oleh KPU pusat.(tvtabalong.com-Rahmadi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: