KPH Tabalong Tingkatkan Pengawasan Terhadap Illegal Logging

TVTABALONG.COM – Peredaran kayu hasil hutan tanpa dilengkapi dokumen resmi meningkat. Berdasarkan data hasil operasi patroli pengamanan, KPH (Kesatuan Pengelolaan Kehutanan) Tabalong, tahun 2017 ditemukan 3 tindakan peredaran kayu hasil hutan, tanpa dilengkapi dokumen resmi. Sedangkan tahun 2018 meningkat menjadi 8 tindakan.

Berdasarkan peningkatanan kasus ini, KPH Tabalong pun berencana meningkatkan pengawasan di tahun 2019 ini. Kepala Seksi Perlindungan Hutan KPH Tabalong, Zainal Abidin, mengatakan, peningkatan pengawasan untuk meminimalisir tindakan illegal logging.

“Tetap akan kita lebih tingkatkan dari tahun 2018, terutama untuk yang tidak berizin” jelas Zainal

“Jadi tahun ini kita akan melakukan peningkatan pengawasan peredaran kayu, baik itu lintas Kaltim ke Kalsel, maupun Kalteng ke Kalsel”

“kita akan juga baik alat-alat angkut yang dicurigai mengangkut kayu illegal yang tidak berizin” tambah Zainal

Dijelaskan Zainal bahwa peningkatan pengawasan melalui giat atau patroli pengamanan hutan rutin, serta patroli insidental mendadak berdasarkan informasi.

Selain itu  giat intelijen dan patroli gabungan bersama Polri dan TNI serta Dinas Kehutanan Provinsi, juga akan terus dilakukan.

Barang bukti dari hasil penindakan, selanjutnya diserahkan ke Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan untuk di proses lebih lanjut.

Reporter : Muhammad Aditya | Redaktur : Hendriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: