Kota Tanjung Peringkat 4 Tertinggi Inflasi se Kalimantan

TVTABALONG.COM – Badan Pusat Statistik mencatat, di bulan januari 2019 Kota Tanjung mengalami inflasi sebesar 0,75 persen. Hal ini pun menyebabkan Kota Tanjung menjadi kota dengan peringkat ke 4 tertinggi inflasi se Kalimantan.

Perhitungan ini berdasarkan atas indeks harga konsumen di Kota Tanjung pada bulan Januari 2019, yang berada di angka 134,93 persen. Selain itu laju inflasi year on year Tanjung di angka 2,97 persen.

Baca Juga : BPS Catat Kota Tanjung Alami Inflasi 0,75 Persen Di Bulan Januari

Bulan sebelumnya, yakni bulan Desember 2018, Kota Tanjung berada di peringkat ke 7 dari 9 kota inflasi di Kalimantan yakni dengan inflasi sebesar 0,68 persen.

Saat ditemui di ruang kerjanya pada Jum’at lalu, Kepala Badan Pusat Statistik Tabalong, Tri Agus Budi Prihanto mengatakan, peringkat tersebut setiap bulan terus berubah, tergantung dengan kondisi perubahan harga di daerah

“tentunya ini setiap bulan berubah sesuai dengan kondisinya, karena dengan kita pantau kan perubahan harga jadi tiap bulan tidak bisa dipastikan nomor berapa tergantung kondisi di daerah tersebut perubahan harganya bagaimana” jelas Tri Agus

Dengan statusnya berada di posisi ke 4 dari 9 kota acuan inflasi se Kalimantan, inflasi Tanjung menurut Tri Agus   berada di posisi yang baik.

Karena dalam perekonomian, menurutnya inflasi atau kenaikan harga sangat dibutuhkan dalam suatu daerah, untuk perkembangan ekonomi suatu daerah. Namun apabila inflasi di suatu kota terlalu tinggi, maka berdampak pada daya beli masyarakat akan menurun.

Bulan januari 2019, deretan peringkat 9 kota di Kalimantan  yang mengalami inflasi, adalah kota Singkawang, Tarakan, Banjarmasin, Tanjung, Samarinda, Pontianak, Balikpapan, Palangkaraya, dan Sampit.

Reporter : Sherly Nova Arianti | Redaktur : Hendriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: