Konsumsi Rambutan Sebabkan Batuk?? Ini Penjelasan Medisnya

TVTABALONG.COM – Musim buah tiba, rambutan menjadi salah satu yang banyak dikonsumsi. Buah musiman dengan tampilan kulit berwarna merah dan daging putih ini, memiliki cita rasa manis dan segar.

Selain itu, rambutan juga ditawarkan dengan harga ekonomis, sehingga banyak orang yang menyukai buah ini. Namun tak jarang orang beranggapan, mengkonsumsi rambutan dapat menyebabkan batuk.

Dari sisi medis, Kepala UPT Puskesmas Murung Pudak, dr. Agus menjelaskan, mengkonsumsi rambutan dapat menyebabkan batuk hanyalah mitos.

Baca Juga : Taukah Anda Dampak Buruk Konsumsi Buah Secara Berlebihan??

Batuk yang ditimbulkan setelah mengkonsumsi buah rambutan dalam jumlah banyak, menurut dr. Agus, adalah respon tubuh atas gejala yang ditimbulkan dari mengkonsumsi makanan manis.

“batuk bukan penyakit, batuk bagaimana usaha tubuh untuk merespon” jelas dr.Agus

Sebelumnya, dr.Agus sempat menjelaskan penyebab batuk seperti kulit biji rambutan yang ikut masuk ke dalam tubuh yang sebabkan luka dan juga rasa yang terlalu manis yang dimiliki rambutan.

Jadi itu adalah gejala misalnya untuk mengeluarkan (kulit biji rambutan) atau kadang ada luka itu tadi”

“kalau sudah timbul batuk seperti itu sebaiknya berhenti agar tidak terlalu parah” jelas dr.Agus

Dokter Agus menambahkan, jika ingin mengkonsumsi rambutan, sebaiknya memperhatikan porsi jumlahnya. Agar tidak berlebihan dan berakibat merugikan tubuh.

Reporter : Purnamasari | Redaktur : Hendriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: