Komisi 1 DPRD Tabalong Terus Beri Dukungan Pengembangan Desa Mandiri

by tabalong hari ini
0 comment

Komisi I DPRD Tabalong melakukan rapat kerja bersama DPMD Tabalong, Camat Murung Pudak dan beberapa kepala desa terkait, untuk menindaklanjuti hasil studi tiru dari Desa Sekapuk Kabupaten Gersik yang terkenal dengan desa mandiri. Studi tiru sebelumnya dilakukan DPMD Tabalong bersama 18 kepala desa di Tabalong.

Masing-masing kepala desa berbagi cerita kepada Komisi I DPRD, terkait mekanisme desa mandiri yang dilakukan Desa Sekapuk Kabupaten Gersik, dengan pembangunan desa yang berorientasi pada tiga aspek desa mandiri. Yakni ekonomi, sosial dan lingkungan.

Wakil Ketua Komisi I DPRD Tabalong, Rini Irawanty mengatakan pihak komisi satu siap mendukung untuk mempromosikan desa-desa di Tabalong. Mendengar dari beberapa cerita kepala desa, dirinya yakin Tabalong juga bisa menjadi desa mandiri dan memiliki pendapatan asli desa yang tinggi, dengan membaca potensi-potensi yang ada di desa.

 “Hal itu potensi itu kami berharap dan kami mensuport kepada Kepala DPMD dan seluruh kepala desa yang ada di Kabupaten Tabalong untuk mengembangkan itu agar hal ini bisa menjadi sebuah sebuah pembuktian desa di Kabupaten Tabalong bahwa kita di kenal karena desa kita yang maju dan mandiri yang tentu saja berpengaruh kepada perekonomian Tabalong nantinya,”

tutur Wakil Ketua komisi I DPRD Tabalong, Rini Irawanty.

PLT Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Tabalong, Pahrudin menuturkan, pihaknya sudah beberapa kali berdiskusi dan melakukan rapat koordinasi untuk mulai melakukan pergerakan menuju desa mandiri. Terlebih pasca berangkat dari studi tiru di Desa Sekapuk Kabupaten Gersik yang terkenal dengan desa mandiri.

 “Tapi pada prinsipnya kawan-kawan di desa terutama yang sudah berangkat terutama juga bagi desa-desa yang sudah memang punya analisa potensi yang bisa di kembangkan, nanti mereka sudah menyusun ada beberapa desa yang sudah melapor dengan saya bahwa mereka sudah punya konsep untuk menata itu terhadap potensi-potensi yang barangkali bisa mereka kembangkan untuk menuju kemandirian itu,”

Terang PLT Kepala DPMD Tabalong, Pahrudin.

Pahrudin meyakini desa di Tabalong dapat menjadi desa mandiri, jika masing-masing kepala desa dapat berkomitmen membangun desa. Keyakinan ini tak terlepas dari potensi desa yang ada di Tabalong. Ia juga berharap desa mandiri bukan hanya sekedar status, melainkan bentuk nyata dari kemandirian desa.

(Gazali Rahman, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment