Komisi 1 DPRD Tabalong Temui Laskar Buhaya Kuning, Ini Yang Dibahas…..

by admintv
0 comment

TV Tabalong – Organisasi masyarakat Laskar Buaya Kuning Banjar, mendatangi kantor DPRD Tabalong pada 24 Mei 2022. Kedatangan puluhan warga kelua dan sekitarnya ini, menyampaikan beberapa tuntutan yang menjadi aduan masyarakat sekitar. Ada 3 permasalahan yang disampaikan warga, pertama menginginkan adanya peningkatan pekerja lokal, ingin mengetahui fungsi dari puluhan perusahaan yang ada di Tabalong, hingga permasalahan jalan rusak dan polusi dari jembatan angkutan yang ada di Mantuil Kecamatan Muara Harus.

Para anggota LBKB ini pun menginginkan jawaban secara tertulis dari pihak instansi terkait, sehingga mereka bisa menyampaikan kepada masyarakat yang ada di wilayah selatan Tabalong. Pertemuan ini pun dihadiri lintas komisi yang ada di DPRD Tabalong, termasuk juga beberapa instansi terkait, seperti Asisten Bidang Pemerintah dan Kesra, Dinas Perhubungan, Dinas Tenaga Kerja, serta Kesbangpol.

“untuk jawaban itu ada aja tadi tu, cuma yang kami minta itu jawaban tertulis. Artinya biar kami nyaman kaina menyampaikan ke masyarakat. Jadi kurang lebihnya mun nang kaya bahasa tadi kami kada kawa menyampaikan, artinya kami ni kan orang kampung, artinya kada paham nang kaya dijelaskan tadi, sub-sub nya tadi tu. Jadi kalau misalnya tertulis, itu pun kami pelajari, artinya kawa kah kami menyampaikan” Kata Syaifullah, Wakil Ketua LBKB.

Para anggota dewan pun sudah memerintahkan dinas terkait untuk menjawab secara tertulis, dan diserahkan langsung kepada masyarakat. Hal ini disampaikan wakil ketua komisi 1 DPRD Tabalong, Rini Irawanty usai menggelar rapat dengar pendapat ini.

“Yang mana mereka menyampaikan tentang keingintahuan mereka tentang peraturan di kabupaten Tabalong, bagaimana kebijakan yang diberikan oleh pemerintah terhadap sikap perusahaan yang mereka merasa merugikan masyarakat. Seperti contoh, ada dampak debu yang terjadi pada pihak perusahaan di daerah selatan, kemudian kenapa tenaga kerja yang saat ini lebih mendominan pihak luar daripada pribumi, dan hal ini mereka meminta dijawab secara tertulis, agar mereka bisa menyampaikan kepada masyarakat, hari ini kami meminta kepada OPD terkait untuk menyampaikan secara tertulis agar mereka bisa menyampaikan kepada masyarakat disana” Kata Rini Irawanty, Wakil Ketua Komisi I DPRD Tabalong.

Instansi terkait pun akan segera melakukan kajian dari hasil tuntutan warga tersebut. Selain itu, pihak dewan juga akan kembali memanggil instansi maupun perusahaan terkait yang tidak hadir dalam pertemuan, untuk dimintai keterangan atas keluhannya warga masyarakat wilayah selatan.(Muhammad Ariadi).

Related Articles

Leave a Comment