Khataman Jadi Cara Tanamkan Cinta Al-Quran Pada Anak

by admintv
0 comment

Beginilah Tradisi Khataman Al-Qur’an atau Batamat yang digelar pengurus TKA-TPA Raudhatul Muttaqin, sebagai penanda selesainya bacaan Al-Quran oleh Santriawan dan Santriwati. Khataman yang dilaksanakan di Langgar Raudhatul Muttaqin ini berangsung meriah, dengan berbalutkan tradisi Islami.

Sebanyak 23 Santriawan dan Santriwati menuntaskan pelaksanaan Khataman Al-Qur’an dengan membacakan Surah-Surah pendek, yang dimulai dari Surah Ad-Dhuha hingga Surah An-Naas secara bergantian. Pembacaan Surah pendek digiring menggunakan payung batamat yang terbuat dari sulaman kembang, serta berbalut atribut dan makanan khas yang melekat pada seteiap pelaksanaan batamat.

Kepala TKA-TPA Raudhatul Muttaqin, Farhani menuturkan, khataman Al-Qur’an ini untuk tiga angkatan sekaligus, dengan jumlah kurang lebih 30 santri. Namun beberapa diantaranya sudah ada yang sekolah diluar daerah sehingga khataman hanya di lakukan oleh 23 Santriawan dan Santriwati. Ia berpendapat khatama Al-Qur’an yang sudah menjadi tradisi Islam ini, dapat menyaring pengaruh negatif dari kemajuan teknologi dengan cara menanamkan nilai-nilai cinta terhadap Al-Qur’an.

 “Al-quran ini betul-betul kita jadikan khataman al-qur’an ini kita jadikan sebagai tradisi islam yang tidak pernah lekang dan tidak pernah putus-putusnya sekalipun jaman begitu maju yang kedua tujuan kita adalah untuk menananmkan agar anak-anak ini selalu cinta dan selalu mengamalkan al-qur’an” Kata Farhani, Kepala TKA,TPA Raudhatul Muttaqin.

Farhani menambahkan, khataman ini sekaligus melatih mental Santriawan dan Santriwati, untuk membaca Al-Qur’an dihadapan jamaah atau orang banyak. Khataman atau batamat ini menghadirkan beberapa penampilan, seperti pembacaan Asmaul Husna, doa-doa harian dan beberapa hapalan lainnya. Khataman juga turut di hadiri Ketua DPD BKPRMI Kabupaten Tabalong, Suvervisor Kecamatan Tanjung, Tokoh Agama serta orang tua Santriawan dan Santriwati. (Gazali Rahman, TV Tabalong).

Related Articles

Leave a Comment