Ketua Serikat Pekerja Tambang Anggap Peraturan Perusahaan Belum Berpihak Pada Pekerja

TVABALONG.COM – Dari ratusan perusahaan di Tabalong, baru 10% perusahaan yang menerapkan sistem perjanjian kerja bersama, atau PKB. Sedangkan perusahaan lainnya, masih menerapkan peraturan perusahaan atau (PP). Dimana sistem ini dianggap masih belum berpihak pada hak tawar pekerja terhadap perusahaan.

Setiap perusahaan biasanya mengatur hak dan kewajiban perusahaan maupun karyawannya, syarat kerja, dan tata tertib perusahaan. Aturan perusahaan sendiri akan dituangkan dalam peraturan perusahaan,(PP). Atau perjanjian kerja bersama, (PKB).

Peraturan perusahaan, sepenuhnya dibuat oleh perusahaan, dengan mengacu pada undang-undang ketenagakerjaan, dan disahkan oleh dinas ketenagakerjaan setempat. Sedangkan perjanjian kerja bersama, , merupakan kesepakatan antara perusahaan dan serikat pekerja, sebagai perwakilan para pekerja.

Menurut ketua Serikat Pekerja Tambang PT Buma, Runi Faslah, PKB jelas lebih menguntungkan para pekerja. Karena kesepakatan hak dan bonus perkerja dapat dirundingkan dengan manajemen perusahaan.

Sedangkan perusahaan yang memakai peraturan perusahaan, hanya mengacu pada undang-undang, yang berarti pekerja tidak memiliki hak tawar kepada perusahaan.

Runi menambahkan, perjanjian kerja bersama hanya bisa dibuat oleh perusahaan yang memiliki serikat pekerja. Dan dari 253 perusahaan di Tabalong, hanya 10% yang memiliki organisasi serikat pekerja.

(Hendriyani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: