Ketahui Pentingnya Iva Test Untuk Perempuan

TVTABALONG.COM – Dalam setahun, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan KB, bersama Tim Penggerak PKK Tabalong, rutin menyelenggarakan pemeriksan dini kanker serviks melalui iva test. Dalam setahun setidaknya ada 2 kali pemeriksaan kanker serviks gratis, yang diberikan pada masyarakat Tabalong.

Pemeriksaan ini untuk mengetahui sejak dini, penderita kanker serviks, sehingga bisa mendapat penanganan medis secepatnya. Pasalnya kanker jenis ini, seringkali tidak menimbulkan gejala atau keluhan, sehingga penyakit ini baru terdeteksi saat penderinya dalam keadaan parah.

dr. Heldina Sofia, yang mendampingi pemeriksaan iva test di Sektertariat PKK menjelaskan, pendeteksian dini kanker serviks penting dilakukan kaum perempuan, terutama yang berusia diantara 30 hingga 50 tahun. Pemeriksaan juga disarankan bagi perempuan usia dibawah 30 tahun yang, yang sudah menikah.

“sasaran kita umur 30-50 tahun untuk program,tetapi bagi yang sudah bekeluarga meski umurnya di bawah itu, disarankan untuk memeriksakan secara dini kanker leher rahim dan kanker payudara sekalian” jelas dr Heldina.

“Karena untuk penyakit ini merupakan pembunuh nomor satu untuk perempuan”

Iva test merupakan screening penting bagi perempuan menikah. Pemeriksaan disarankan rutin dilakukan setiap 2 tahun sekali, atau satu tahun sekali bagi wanita berusia 40 tahun ketas.

Reporter : Purnamasari | Redaktur : Hendriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: