Kesadaran Warga Akan Bahaya Kanker Serviks Meningkat, Iva Test Dibanjiri Peserta

TVTABALONG.COM – Puluhan masyarakat dari 12 kecamatan di Tabalong silih berganti mendatangi Sekretariat PKK Tabalong, pada 10 April 2019.

Kedatangan mereka untuk mengikuti pemeriksaaan kanker mulut rahim, atau kanker serviks gratis yang difasilitasi Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan dan   Keluarga Berencana, bersama tim penggerak PKK Tabalong.

Jumlah peserta pemeriksaan kanker serviks kali ini, meningkat dari sebelumnya. Jika pada setiap even pemeriksaan PKK mengerahkan minimal 10 perempuan per kecamatan untuk diperiksa, kali ini ditingkatkan menjadi 15 orang per kecamatan.

Ternyata saat pemeriksaan, setiap kecamatan membawa peserta lebih dari yang ditargetkan. Hal ini menggambarkan meningkatnya kesadaran masyarakat untuk memeriksakan diri.

Alhamdulliah,tahun ini, kalau Hari Ibu lalu kami meminta cuma 1 kecamatan  itu 10 orang, tapi ini kita tingkatkan lagi. Dalam peringatan hari Kartini ini, kami meminta satu kecamatan itu 15 orang” buka Ketua TP PKK Tabalong, Syarifah Syifa

“Alhamdulillah pada hari ini, ternyata lebih dari target yang kami harapkan”

“kami sangat senang, kami minta 15, yang datang 45 satu kecamatan” ucapnya dengan puas

Peserta yang memeriksakan diri kali ini, terdiri dari masyarakat yang baru pertama kali mengikuti pemeriksaan, maupun mereka yang tahun lalu pernak memeriksakan kasus serupa.

Mereka mengakui pentingnya pemeriksaan sejak dini, untuk mencegah dampak buruk yang mungkin terjadi saat terlambat diketahui.

 “ini pertama kali iva test,mencoba memeriksa kalau ada penyakit” kata Mala, salah seorang peserta

“dulu pernah periksa, lebih setahun periksanya” timpal peserta lain, Fitriyana

“iva tes ini sangat pentin bagi perempuan yang sudah bersuami maupun belum” tambah Fitriyana

Pemeriksaan kanker serviks melalui Iva Test bertujuan untuk mendeteksi penyakit kanker serviks secara dini, guna mencegah dampak buruknya.

Pemeriksaan kanker serviks menjadi agenda rutin DP3AP2KB bersama Tim Penggerak PKK Tabalong, setiap menjelang hari besar perempuan. Salah satunya pemeriksaan kali ini, yang sekaligus untuk memperingati Hari Kartini.

Reporter : Purnamasari  | Redaktur : Hendriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: