Kenali Jenis & Warna Surat Suara Pada Pemilu April Mendatang

TVTABALONG.COM – Untuk pertama kalinya, pemilihan umum tahun 2019 menggabungkan antara pemilihan presiden dengan pemilihan legislatif. Masyarakat yang menggunakan hak suaranya pada 17 April mendatang, akan dihadapkan dengan lima jenis surat suara yang berbeda-beda.

Mengatasi hal tersebut, ketua KPU Tabalong, Agus Musdian Noor berikan tips agar terhindar dari kesalahan atau kebingungan saat melakukan pencoblosan di TPS. Salah satu ciri mengenal jenis surat suara adalah dengan mengetahui warna dari masing-masing surat suara.

Selain mengenal warna surat suara, masyarakat juga diminta mengetahui nama caleg yang akan dipilih, beserta nomor urut, dan partainya. Pasalnya surat suara caleg pada pemilu kali ini, tidak disertakan dengan gambar calon. Berbeda halnya dengan surat suara capres dan cawapres yang menyertakan gambar.

“kami bergerak untuk mensosialisasikan kepada masyarakat terkait 5 surat suara yang akan digunakan pada pemilu 2019, yakni dengan memberi arti kepada masyarakat warna dan peruntukannya” jelas Agus

5 surat suara yang bakal dihadirkan pada hari pencoblosan memiliki warna berbeda-beda.

Surat suara DPR RI diberi warna kuning, surat suara DPRD Provinsi berwarna biru, surat suara DPRD Kabupaten-Kota berwarna hijau, sedangkan surat suara DPD diberi warna merah. Sedangkan untuk surat suara calon presiden dan calon wakil presiden berwarna abu-abu.

Reporter : Syarif Hidayat | Redaktur : Hendriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: