Kenali Gejala Hewan Pengidap Rabies

TVTABALONG.COM – Kucing dan anjing, menjadi jenis hewan yang banyak dipelihara masyarakat. Namun kedua jenis hewan ini menjadi inang utama virus rabies, yang dapat menular ke manusia. Terlebih di Tabalong telah ditemukan kasus gigitan hewan ke manusia yang menyebabkan rabies.

Dinas pertanian pun mengimbau masyarakat  untuk mengenali ciri-ciri hewan pengidap rabies, agar mendapat penanganan medis. Sehingga hewan pengidap rabies tidak menularkan virus ke manusia.

Seperti yang dijelakan Drh. Suwandi, gejala hewan yang mengidap rabies terkadang tidak jelas. Namun jika hewan peliharaan pernah mengalami gigitan dari hewan lainnya, dan setelah itu terjadi perubahan perilaku, diduga kuat hewan terserang rabies.

Perubahan perilaku yang dimaksud seperti dari jinak menjadi liar, galak terhadap pemilik, dan tidak ingat jalan pulang.

Fase berikutnya, hewan menjadi agresif, galak, serta menyerang semua benda yang bergerak. Hewan juga menelan benda yang tidak lazim seperti batu atau kayu, serta terlihat keluar air liur yang berlebihan, takut dengan cahaya dan takut terhadap air.

Drh. Suwandi menambahkan, perlu peran serta masyarakat  untuk mengenali hewan dengan ciri-ciri tersebut. Pasalnya hewan harus dikarantina, sehingga tidak membahayakan manusia dan hewan lainnya. SelaIn anjing dan kucing, kera dan musang juga menjadi hewan tempat rabies berkembang.

Reporter : Normansyah | Redaktur : Hendriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: