Kenali Ciri-Ciri Makanan & Minuman yang Kandung Bahan Berbahaya

TVTABALONG.COM – Saat bulan ramadhan, banyak berbagai makanan dan minuman olahan yang diperjual belikan sebagai menu pelengkap berbuka puasa. Namun terkadang ada makanan maupun minuman olahan, yang mengandung bahan berbahaya sehingga dapat berdampak buruk pada kesehatan.

Seperti pengawet formalin, blank atau boraks, dan zat pewarna. Masyarakat pun diharuskan mengetahui ciri-ciri makanan yang mengandung zat berbahaya tersebut.

Baca juga ; Dinkes Awasi Makanan Selama Ramadhan

Kepala Dinas Kesehatan Tabalong, dr. Taufiqurrahman Hamdie, menjelaskan, makanan dan minuman olahan yang mengandung formalin dapat diketahui melalui baunya yang berlebihan.

Sedangkan makanan mengandung blank atau boraks jika dikonsumsi membuat tidak enak tenggorakan. Selain itu hewan-hewan seperti lalat atau kucing tidak akan mendekati makanan tersebut.

Sedangkan makanan atau minuman yang mengandung zat perlwarna berbahaya, dapat dilihat dari warnanya yang mencolok atau berlebihan.

Dokter Taufiq menjelaskan, jika mengkonsumsi makanan dengan zat berbahaya secara terus menerus, maka akan berdampak pada kesehatan. Salah satunya dapat menyebabkan kanker.

“untuk lebih pasti kami biasa mengambil sampel dari bahan makanan dan kami uji lewat laboratorium” kata dr. Taufiq

“sehingga akan terlihatlah kandungan zat dari pada makanan zat tersebut apabila dia mengandung bahan-bahan tidak dianjurkan untuk kesehatan baik tujuannya sebagai pengawet maupun supaya membikin makanan renyah atau memberi warna menarik tapi cenderung menggunakan zat pewarna yang tidak disarankan”’

Taufiq juga menambahkan, setiap bulan ramadhan pihaknya bekerjasama dengan Balai Pengawasan Obat dan Makanan Kalsel, rutin melakukan pemeriksaan makanan dan minuman di Tabalong.

Reporter : Muhammad Aditya | Redaktur : Hendriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: