Kemenag Tabalong : Calon Jemaah Haji yang Wafat Dapat Digantikan Ahli Waris

TVTABALONG.COM, Tanjung – Mulai tahun 2018, Kementerian Agama mulai memberlakukan kebijakan baru,  yakni calon jamaah haji yang meninggal dunia, dapat digantikan ahli waris.  Calon jamaah haji yang dapat digantikan tentunya harus termasuk dalam daftar estimasi keberangkatan.

Berdasarkan keputusan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, nomor 148 tahun 2018, tentang petunjuk pelaksanaan pembayaran biaya penyelenggaraan haji tahun 2018.  Calon jamaah haji yang telah masuk dalam daftar estimasi keberangkatan haji namun meninggal dunia, dapat  digantikan kepada ahli waris seperti suami,  istri, anak, serta menantu.

Video :

Kasi penyelenggaraan haji dan umrah Kemenag Tabalong, H. Nabhan Fansuri mengatakan, ada beberapa ketentuan dalam pelimpahan nomor porsi keberangkatan.  Yakni calon jamaah haji yang sudah ditentukan keberangkatan nya, dari 12 Maret 2018 sampai sebelum calon jamaah haji masuk asrama,  namun meninggal dunia, maka calon jamaah haji tersebut berhak digantikan oleh ahli waris.

Nabhan juga mengatakan, pelimpahan nomor porsi jamaah haji hanya bisa dilakukan satu kali pelimpahan, dan dalam pelimpahan tersebut, ahli waris harus mengajukan permohonan ke kantor kementerian agama kabupaten, untuk selanjutnya dilakukan verifikasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: