Home Tabalong Hari IniPertanian & Perkebunan Kembangkan Pasar Agribisnis, Pemkab Tabalong Bakal Gandeng BUMDes

Kembangkan Pasar Agribisnis, Pemkab Tabalong Bakal Gandeng BUMDes

by tabalong hari ini
0 comment

Untuk mengembangkan distribusi hasil pertanian di pasar agribisnis Kembang Kuning, Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, dan Perdagangan Tabalong bakal bermitra dengan BUMDes. Rencananya, BUMDes akan melakukan berbagai kegiatan hulu hingga hilirisasi produk pertanian.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, dan Perdagangan Tabalong, Syam-Ani, usai menyerahkan 10 ribu bibit cabai rawit tiung tanjung dan sarana produksi untuk pengembangan agrowisata di Desa Kembang Kuning, Kecamatan Haruai, pada Senin, 5 Juni 2023. Syam-Ani menuturkan bahwa kesepakatan kemitraan dengan BUMDes tercapai pasca Diskop UKM Perindag secara simultan melaksanakan pertemuan dan kunjungan ke pasar agrobisnis modern Barabai, Taniran Angkinang, Pandan Sari Balikpapan, serta pasar di Palangkaraya.

Melalui APBD 2023, Diskop UKM Perindag akan memfasilitasi 1 unit sarana pengiriman produk yang sudah dikumpulkan BUMDes di pasar agribisnis Kembang Kuning. Fasilitas sarana ini untuk memudahkan pengiriman dan menekan harga agar mampu bersaing di pasaran. Pengiriman pertama dari pasar agribisnis akan dilakukan pada bulan Juli nanti ke Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah.

“Kita sudah bersepakat bahwa nanti kita akan bermitra dengan BUMDes dan BUMDesmart. Jadi BUMDes nanti akan mengambil produk yang dihasilkan petani, dibawa ke sini, dan BUMDes lah yang akan melakukan penyortiran, kemudian pengepakan, dan pengiriman,” ujar Syam’ani, Kepala Diskop UKM Perindag Tabalong.

Untuk menghidupkan dan meramaikan pasar agribisnis Kembang Kuning, Forkopimda Kabupaten Tabalong melakukan penanaman bibit pohon matoa di kawasan pasar ini.

Baca Juga  Pasar Murah Sasar Kecamatan Muara Harus

Setelah penanaman pohon matoa, Forkopimda Kabupaten Tabalong bersama Kementerian Pertanian Republik Indonesia dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan secara simbolis menyerahkan 10 ribu bibit cabai tiung tanjung ke 10 desa pelaksana kegiatan program Kampung Hortikultura. Sepuluh desa ini adalah Desa Masingai Satu dan Masingai Dua, Kecamatan Upau, serta Desa Kembang Kuning, Catur Karya, Lok Batu, Hayup, Wirang, Bongkang, Saradang, dan Nawin, Kecamatan Haruai.

10 ribu bibit cabai tiung tanjung ini merupakan bantuan dari Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Tabalong.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment