Kebutuhan Sapi Tinggi, Pemkab Dorong Pengembangan Peternakan

TVTABALONG.COM – Setiap tahunnya kebutuhan sapi di kabupaten Tabalong, mencapai 3.600 ekor. Sedangkan saat ini ketersediaan sapi wilayah Tabalong hanya sekitar 700 ekor. Angka ini tentu jauh berada di bawah kebutuhan Tabalong.

Peternakan sapi pun dipandang memiliki peluang besar, yang dapat dimanfaatkan petani, untuk memenuhi kebutuhan sapi di Tabalong. Beternak sapi dianggap menjadi salah satu kegiatan pertanian, yang potensial dapat meningkatkan sekejahteraan petani.

Sejauh ini, upaya untuk memenuhi ketersediaan sapi telah dilakukan pemerintah kabupaten Tabalong, melalui program Upsus Siwab. Yakni upaya khusus sapi indukan wajib bunting, untuk percepatan peningkatan populasi sapi melalui inseminasi buatan.

Pelaksana Tugas Bupati Tabalong, H. Zony Alfianoor, mengatakan, program Upsus Siwab menjadi salah satu upaya untuk mendukung kesejahteraan petani, dan untuk memenuhi kebutuhan sapi. Melalui program ini pun, pemerintah berniat menjadikan peternakan sapi menjadi komoditi unggulan.

Untuk menambah penghasilan tambahan bagi peternak sapi. Petani pun disarankan untuk menghasilkan produk inovasi dari peternakan sapi, seperti pembuatan bio urin, pembuatan pupuk dan biogas.

(M. Aditya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: