Home Tabalong Hari Ini Kampanyekan Perikanan Tangkap Yang Berkelanjutan, Pemkab Tabalong Beri Bantuan Alat Tangkap Ramah Lingkungan

Kampanyekan Perikanan Tangkap Yang Berkelanjutan, Pemkab Tabalong Beri Bantuan Alat Tangkap Ramah Lingkungan

by Muhammad Rais
0 comment

Pemerintah Kabupaten Tabalong terus berupaya meningkatkan hasil perikanan berkelanjutan dengan memberikan bantuan alat tangkap ikan tradisional kepada kelompok perikanan tangkap yang ada di Tabalong. Bantuan diberikan sebagai upaya menghindari adanya kelompok perikanan tangkap yang menggunakan peralatan yang berdampak buruk terhadap lingkungan dan populasi ikan.

Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura (DKPPTPH) Tabalong menyerahkan bantuan alat tangkap perikanan pada Kelompok Usaha Bersama Perikanan Tangkap Tempirai Jaya di Desa Bangkiling Raya, Kecamatan Banua Lawas, Kabupaten Tabalong, pada 19 Oktober 2023.

Bantuan alat tangkap perikanan yang diberikan berupa 14 buah jukung atau perahu, 4 buah beje atau sumur ikan, 140 buah lukah atau bubu, dan 28 set rengge atau jaring insang.

Kepala DKPPTPH Tabalong, Fahrul Raji, mengatakan bantuan diberikan sebagai upaya menjaga perikanan tangkap berkelanjutan, serta menekan penggunaan alat tangkap yang berdampak negatif seperti strum ikan.

“Agar ikan ini tetap ada di perairan, tentunya kita melakukan penangkapan itu dengan sesuai dengan alam. Jadi kita memberikan mereka bantuan peralatan, jangan menggunakan alat seperti setrum, yang mungkin membahayakan mereka sendiri dan juga ikan,” kata Fahrul Raji, Kepala DKPPTPH Tabalong.

Fahrul Raji menambahkan bahwa pihaknya juga gencar melakukan sosialisasi secara langsung maupun melalui spanduk-spanduk iklan agar masyarakat tidak menggunakan alat tangkap ikan yang berdampak buruk terhadap lingkungan maupun populasi ikan.

Baca Juga  Pekan Kedua Ramadan, Stok Darah di PMI Tabalong Aman

(DKPPTPH Tabalong, untuk TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment