Kadis Perkebunan Prov. Kalsel Bangga Bisa Kunjungi Sulangai

Kadis Perkebunan dan peternakan Provinsi Kalsel, drh. Suparmi (tengah) saat melakukan kunjungan ke Kampung Sulangai

TVTABALONG.COM – Pasca memanen padi gogo atau padi gunung di Desa Solan Kecamatan Jaro 4 April 2019, jajaran Pemerintah Kabupaten Tabalong, bersama Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan, mengunjungi Kampung Sulangai.

Sejak 2018 lalu, akses menuju kampung ini terbuka lebar, karena pemerintah daerah menggarkan dana perbaikan jalan, melalui program karya bhakti tni yang dikerjasamakan dengan Kodim 1008 Tanjung.

Kepala Dinas Perkebunan dan peternakan provinsi kalimantan, drh. Suparmi, mengaku terkesan dengan potensi Kampung Sulangai. Menurutnya kearifan lokal dan kekayaan alam kampung ini, dapat menjadi potensi desa wisata berbasis perkebunan dan peternakan.

“saya sangat berterimakasih dan sangat bangga bisa memasuki desa yang semula kabarnya diindikasikan desa tertinggal, ternyata setelah kami masuk sebuah desa yang luar biasa, bisa dikembangkan potensi wisata berbasis subsektor perkebunan dan subsektor peternakan” ujar Suparmi

Berbeda dengan kadis pertanian dan peternakan Kalsel, Sekda Tabalong, Abdul Muthalib Sangadji berencana mengembalikan kejayaan Jaro sebagai penghasil lada. Salah satunya melalui pengembangan lada di kampung ini, serta wilayah lainnya di Kecamatan Jaro.

yang sudah kita lihat tadi tidak hanya padi, cabai, sebenarnya juga kita ingin pengebangan lada karena dulu disini adalah gudangnnya lada” kata Sekda

“Jadi  akan kita kembalikan, memang lada dulu pernah mati karena ada kesalahan teknis yaitu hama, kemaren mereka menggunakan ajir dadap, dadapnya mati sehingga yang lain ikut juga mati

Dalam kesempatan ini, pihak Dinas Provinsi Kalsel serta Pemerintah Daerah Tabalong juga berdiskusi dengan masyarakat setempat untuk mendengarkan dan menampung aspirasi masyarakat terkait peningkatan pembangunan desa yang diinginkan.

Reporter : Syarif Hidayat  | Redaktur : Hendriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: