Kabar Gembira! 9 Agustus Hingga 31 Desember 2018, Pemprov Kalsel Hapus Denda Pajak Kendaraan Bermotor

“Kantor Samsat Tanjung”

TVTABALONG.COM – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan kembali mengeluarkan kebijakan keringanan pembayaran pajak kendaraan bermotor. Selain menghapuskan denda pajak kendaraan bermotor, tunggakan pajak kendaraan di tahun tertentu bahkan mendapat potongan hingga 50 persen.

Mulai 9 Agustus hingga 31 desember 2018, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan akan menghapuskan denda pajak kendaraan bermotor atau PKB.

Penghapusan denda tersebut, berlaku untuk seluruh kendaraan roda dua dan empat yang ada di Kalimantan Selatan. Dengan sasaran tunggakan pajak kendaraan bermotor dibawah tahun 2014 dan tahun 2015 hingga tahun 2018.

Tunggakan pajak di bawah tahun 2014, mendapatkan keringanan berupa pemotongan 50 persen biaya pokok pajak sertapembebasan denda. Sedangkan tunggakan PKB dari tahun 2015 hingga 2018, wajib pajak tetap membayar penuh biaya pokok pajak,namun tidak dikenakan denda.

Saat dikonfirmasi, kepala unit pelayanan pendapatan daerah atau UPPD Samsat Tabalong, Saipuddin membenarkan program tersebut. Selain untuk membantu meringankan wajib pajak, juga sebagai upaya untuk meningkatkan pendapatan asli daerah. Mengingat saat ini tunggakan piutang pajak kendaraan bermotor di Tabalong, dari tahun 2013 hingga 2017 mencapai Rp 6,5 milyar.

Saippudin menambahkan selain pembebasan denda PKB, tahun ini denda sanksi administrasi bea balik nama kendaraan bermotor, atau BBNKB atas penyerahan kedua dan seterusnya turut dihapuskan.

Muhammad Rais

5 thoughts on “Kabar Gembira! 9 Agustus Hingga 31 Desember 2018, Pemprov Kalsel Hapus Denda Pajak Kendaraan Bermotor

  1. Saya punya kendaraan R2 plat banjar seharusnya ganti plat september 2017 , apakah bisa pak ganti plat banjar di samsat tabalong ? Terimakasih!!!

  2. Kawan saya tadi memperpanjang pajak di samsat tabalong, kendaraan nya beat thn 2015/2016 trs sdh mati 1 thn pajaknya, trus bayar tadi 420 katanya itu sudah dengan denda, jadi yang jd pertanyaan masih berlakukah pemutihan dan bagaimana cara kerjanya ?terimakasih

  3. Kendaraan saya keluaran thn 2008,
    2thn kada bayar pajak,,apa kah saya harus baya kedua thnya atau satu tahu haja,….
    Muhun jawabannya .terimakasih

  4. Gimana cara ngitung nya ..misal pajak 1th 200rb.nunggak 5tahun jadi 1jt..apakah cukup dengan 500sj atau bagaimana..kendaraan di bawah th 2014.makasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: