Jaminan Kesehatan Bagi Pekerja

TVTABALONG.COM – Tidak hanya kewajiban membayar upah pekerja sesuai UMK, para pengusaha juga wajib mendaftarkan pekerjanya sebagai peserta jaminan kesehatan. Serikat Pekerja Tabalong mengklaim, ratusan perusahaan di Tabalong telah mendaftarkan pekerjanya sebagai peserta BPJS.

Jaminan kesehatan bagi pekerja telah diatur dalam peraturan pemerintah nomor 84 tahun 2013. Dari peraturan tersebut dijelaskan pengusaha yang mempekerjakan tenaga kerja sebanyak sepuluh orang atau lebih, atau membayar upah paling sedikit satu juta perbulannya, wajib mengikutsertakan tenaga kerjanya dalam program jaminan sosial.

Ketua Serikat Pekerja PT  TPI, Muhammad, mengatakan, dari 253 perusahaan terdaftar di Tabalong, hampir semuanya telah mendaftarkan pekerjanya, sebagai peserta jaminan kesehatan di Tabalong.

Muhammad yang juga tergabung dalam Forum Komunikasi Serikat Pekerja Mandiri Tabalong ini menambahkan, kewajiban pemberi kerja mendaftarkan pekerjanya sebagai peserta jaminan kesehatan, telah menjadi syarat mutlak dalam mendirikan usaha saat ini. Sehingga kecil kemungkinan pengusaha tidak melakukan hal tersebut.

Baca Juga : Ketua Serikat Pekerja Tambang Anggap Peraturan Perusahaan Belum Berpihak Pada Pekerja

Cara Positif Peringati Hari Buruh

Perusahaan yang tidak mendaftarkan pekerjanya sebagai peserta jaminan kesehatan sendiri akan mendapatkan sanksi administratif. Bisa berupa teguran tertulis, denda dan atau  tidak mendapatkan pelayanan publik tertentu.

(Hendriyani, Aditya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: