Jalan Penghubung Desa Teratau – Namun Rampung Diperbaiki, Warga Tak Lagi Harus Memutar Jalan

TVTABALONG.COM – Bupati Tabalong meresmikan pemerliharaan berkala jalan penghubung antara Desa Teratau dan Desa Namun, pada 4 Maret lalu. Pemeliharaan berkala jalan sepanjang 4 kilometer ini, telah menelan dana Rp 9 milyar yang bersumber dari Dana Insentif Daerah (DID).

Dengan perbaikan melalui Dinas PUPR ini, kini warga di kedua desa dapat menikmati akses jalan yang mulus. Sebelumnya jalan ini mengalami kerusakan sejak tahun 2017. Sehingga warga teratau yang ingin ke Jaro, harus mencari jalan alternatif lain, yang jaraknya lumayan jauh.

Warga Desa Teratau RT III, Midhan mengakui, perbaikan jalan membuat ia dan warga lainnya dapat lebih cepat ke wilayah lain. Perbaikan jalan juga dianggap memudahkan warga dalam mengangkut hasil perkebunan. Selain itu juga memudahkan wisatawan mengakses tempat wisata yang ada di desa ini.

tahun2017 lalu mulai rusak sudah sampai 2018” tutur Midhan

“Karena kerusakan itu warga di sini terutama anak-anak harus memutar jalan”

“Sekarang tidak lagi harus memutar jalan karena jalannya sudah dipotong dan searah bisa menghemat waktu sekitar seperempat jam” jelas Midhan

Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani meminta warga Desa Teratau untuk memelihara jalan tersebut. Terutama dari angkutan yang bermuatan besar. Pasalnya jalan ini hanya hanya mampu menahan angkutan dengan muatan 5 hingga 7 ton.

“seluruh warga di sini dapat memanfatkan jalan ini, disertai upaya untuk memelihara” ucap Bupati Anang  pada warga

“Bukan kita membatasi, tetapi supaya umur jalan ini panjang, ya 5 sampai 7 ton maksimal berat angkutan” tambahnya

“karena jalan ini tidak bisa kita pelihara tiap tahun dan ditingkatkan tiap tahun” ucap Bupati Anang lagi.

Dana Insentif Daerah (DID), merupakan dana yang diberikan dari pemerintah pusat, atas reward terhadap pelaporan keuangan daerah. Di tahun 2018 pemerintah Tabalong menerima Dana Insentif Daerah sebesar Rp 50 milyar.

Reporter : Muhammad Aditya | Redaktur : Hendriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: