Jalan Baru Tanjung Green City Masuk Tahap Pengecoran

by admintv
0 comment
Jalan Baru Tanjung Green City Masuk Tahap Pengecoran

TV Tabalong – Dinas PUPR Tabalong terus memacu pembangunan jalan Tanjung Green City, Pasca Bupati Tabalong melakukan peletakkan batu pertama, pada 22 Maret 2022. Pembangunan jalan dimulai dari persimpangan Islamic Center, Desa Maburai, Kecamatan Murung Pudak, sepanjang 4,2 kilometer ke arah jalan Tanjung Selatan, Desa Tanta Hulu, Kecamatan Tanta. Jalan dibangun dengan total lebar 14 meter, seperti jalan kembar dari Islamic Center hingga Guru Danau.

Terpantau pada 6 Juni 2022, pembangunan jalan dari arah Maburai sudah mencapai 2 kilometer, dengan konstruksi awal berupa pengerasan agregat tipe B dengan ketebalan 40 centimeter. Sedangkan dari arah Tanjung Selatan sudah dilakukan pengecoran jalan sepanjang 300 meter, di jalan sebelah kanan. Progres pembangunan jalan ini juga dilengkapi dengan siring pasangan batu.

Kepala Dinas PUPR Tabalong, Wibawa Agung Subrata, menjelaskan, berdasarkan hasil rapat dengan perencana dan pihak terkait lainnya, pembangunan jalan harus dilakukan pengerasan terlebih dulu, kemudian pengecoran, dan tahap akhir berupa aspal.

“Itu kalo untuk konstruksi sebaiknya cor, semua nantinya itu akan diaspal, walaupun cor d iatasnya juga akan diaspal.” jelas Wibawa Agung

Selain jalan, sebanyak enam jembatan dibangun di ruas Jalan Tanjung Green City, yakni empat box culvert dan dua pile slab. untuk progres pembangunan jembatan box culvert, pengecoran lantai dasar keempat jembatan sudah selesai. Sedangkan jembatan pile slab dalam tahap pengikatan dasar jembatan.

Seluruh pembangunan jalan dan jembatan di ruas Jalan Tanjung Green City, menggunakan pinjaman Dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sebesar Rp 120 milyar , yang dicairkan bertahap selama dua tahun. Di tahun pertama ini dana PEN digunakan untuk pembangunan awal, sedangkan pengaspalan akan dimulai tahun berikutnya. (Alfi Syahrin).

Related Articles

Leave a Comment