Jadi Peserta Balarut Maharagu Sungai, Dinas Perikanan Data Potensi Budidaya Ikan

TVTABALONG.COM – Dinas perikanan menjadi salah satu satuan kerja pemerintahan yang berpartisipasi dalam aksi Balarut Maharagu Sungai Tabalong. Dalam aksi menusuri Sungai Tabalong tersebut, Dinas Perikanan melakukan pendataan potensi budidaya perikanan dengan keramba di Sungai Tabalong, serta kondisi sungai dalam mengelola ikan melalui keramba.

Dinas perikanan mencatat, terdapat seribu 703 keramba ikan yang di budidayakan oleh masyarakat. Jumlah keramba tersebut dihitung berdasarkan jumlah keramba di aliran sungai Tabalong dari Desa Mahe Pasar Kecamatan Haruai, hingga ke Desa Hapalah Kecamatan Banua Lawas.

Kepala Dinas Perikanan, Muhammad Mugeni saat ditemui di kantornya mengatakan, potensi perikanan keramba di Tabalong khususnya dari Kecamatan Tanjung ke Banua Lawas tergolong besar. Sehingga perlu dukungan masyarakat untuk menjaga kelestarian sungai, agar dapat mendorong pertumbuhan ikan keramba, maupun ekosistem sungai.

selain kualitas air akan mengganggu terhadap kehidupan ikan. Baik di keramba sendiri ataupun hidup di alam sungai itu sendiri” kata Mugeni

“sangat berpengaruh karena kalau ada sampah plastik yang tidak mudah rusak maka akan mengurangi arus air di dalam keramba dan sampah cairan berpengaruh terhadap kesehatan ikan.” tambahnya

Selain memantau kondisi sungai dalam budidaya ikan keramba, Dinas Perikanan juga memantau alat tangkap ikan di aliran Sungai Tabalong. Hasilnya tidak ditemukan masyarakat yang menggunakan alat tangkap terlarang. 

Reporter : Muhammad Aditya | Redaktur : Hendriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: