Home Editor's Picks Isi Kegiatan Positif Anak Saat Libur Melalui Ramadan Ceria

Isi Kegiatan Positif Anak Saat Libur Melalui Ramadan Ceria

by tabalong hari ini
0 comment

Dewan Mesjid Nurul Jadid Tabalong menggelar Ramadan Ceria pada Sabtu, 25 Maret 2023. Kegiatan ini digelar untuk mendidik anak-anak agar memiliki kepribadian yang berlandaskan Islam sejak dini.

Puluhan anak dari tingkat sekolah Taman Kanak-Kanak hingga Sekolah Menengah Pertama nampak antusias mengikuti kegiatan Ramadan Ceria yang digelar Dewan Mesjid Nurul Jadid, komplek Permata Baru, Kelurahan Pembataan, Kecamatan Murung Pudak.

Kegiatan yang digelar selama mulai tanggal 25 Maret 2023 hingga 29 Maret 2023 ini melibatkan 2 orang ustadz dan 2 orang ustadzah sebagai pengajar.

Adapun Ramadan Ceria ini berisikan kegiatan keagamaan seperti shalat Dhuha berjamaah hingga pembacaan Juz Amma dan Al-Qur’an.

“Pembacaan Al-Quran, Juz Amma yang dibimbing oleh saya, nanti untuk anak-anak mengikuti, tujuannya apa, untuk supaya mereka ini lebih terangsang mulut mereka untuk mengucapkan lafadz-lafadz Al-Quran. Biasanya banyak anak-anak yang kaku dengan melafalkan Al-Quran, meskipun dia sudah Al-Quran, sudah Iqra, dia sudah selesai semuanya, tapi ketika dia melafalkan Al-Quran, dia masih agak kaku seperti itu, jadi kita rangsang, kita tuntun mereka pelan-pelan, sehingga mereka ada kelenturan dalam melantunkan huruf-huruf ayat suci Al-Quran,” ujar Muhammad Ajrin Karim, pengajar.

Kepala Dewan Kesejahteraan Masjid Nurul Jadid Tabalong, Subqi, menjelaskan kegiatan ini digelar sebagai sarana pendidikan anak agar memiliki kepribadian Islami serta menumbuhkan iman dan taqwa. Selain itu, melalui kegiatan ini juga diharapkan menjadi salah satu kegiatan positif anak dalam mengisi waktu libur Ramadan.

Baca Juga  Polres Tabalong Gelar Simulasi Sispamkota

“Ya tentunya dengan adanya kegiatan ini, mengisi waktu mereka yang bersifat positif, terutama dalam pembelajaran Al-Quran tadi, mulai dari Iqra dan seterusnya yang sudah disampakan Pak Ustadz tadikan. Nah jadi sehingga di bulan puasa ini anak-anak inikan tidak hanya bermain saja tapi kita bekali dengan dengan ilmu-ilmu agama sejak dini,” kata Subqi, Kepala DKM Masjid Nurul Jadid.

Selain itu, Subqi turut berharap dengan perkembangan zaman yang begitu cepat, orang tua diharapkan dapat mendidik anak-anaknya sejak dini dengan pendidikan agama.

(Dano Nafarin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment