Integrated Farming Berbasis Jagung Di Desa Wirang

by admintv
0 comment
Urul Yani, Petani desa Wirang

TV Tabalong – Kini Kementerian Pertanian tengah menggalakkan Sistem Pertanian Terpadu atau Integrated Farming, khususnya untuk sektor tanaman jagung. Integrated Farming berbasis jagung merupakan salah satu Program Superprioritas Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo di tahun 2022.

Integrated Farming berbasis jagung merupakan pengembangan sistem usaha tani jagung pakan ternak, yang mengintegrasikan beberapa usaha tanaman lain, seperti tanaman pangan, hortikultura, perkebunan dan peternakan. Sistem ini dikelola secara terpadu dan serasi serta berorientasi ekonomi dan ekologis dapat memberikan nilai tambah kepada petani.

Di Tabalong, Integrated Farming berbasis jagung dijalankan Kelompok Tani Karya Bangun Desa Wirang Kecamatan Haruai. Ketua Potan, Urul Yani menjelaskan, Integrated Farming sudah dijalankan sekitar 1 tahun lalu hingga sekarang, di lahan seluar 7 hektar. Tidak hanya jagung pakan ternak, disini juga ditanam tanaman hortikultura lainnya seperti timun dan kacang panjang, serta adapula peternakan kambing yang mulai di kembangbiakan dilahan miliknya ini.

Urul Yani mengakatan, penerapan integrated farming ini, mendatangkan banyak manfaat. Selain menambah pendapatan petani, sistem ini juga dapat menurunkan biaya produksi. Pasalnya untuk menyuburkan tanah untuk tanaman, pupuk yang digunakan berasal dari kotoran hewan kambing. Selain itu sisa hasil pertanian lainnya dapat digunakan secara terpadu atau dapat menghasilkan simbiosis mutualisme antara tanaman pangan, hortikultura dan peternakan.

“kami lakukan melihat kondisi lahan. Karena lahan itu berpotensi tanam jagung, ada kambing, ada timun, tomat, kacang, cabe, dan ada juga yang lain-lain” kata Urul Yani

“Jadi untuk teknis tanamnya itu bertahap. Ada yang sebagian panen, ada yang sebagian tanam berkelanjutan. Jadi ada memanfaatkan kohe dari kambing itu bermanfaat untuk pupuk kandang dan sekalian juga untuk hasil dari jagung tadi bisa kami manfaatkan untuk kehidupan kami. Jadi hasilnya Alhamdulillah cukup bermanfaat untuk kami”

Urul Yani berencana terus mengembangkan Integrated Farming berbasis jagung ini. Karena penjualan jagung pakan tenak cukup menjanjikan, dan telah memiliki pasar yang jelas. Pasalnya Pemerintah Tabalong kini telah bekerjasama dengan salah satu pabrik pemasok jagung pakan ternak di Pelaihari Kabupaten Tanah Laut. (Nova Arianti).

Related Articles

Leave a Comment