Home Tabalong Hari IniHaji Tabalong Ini Titik Parkir dan Rekayasa Lalu Lintas Pemberangkatan Haji Tabalong 2023…

Ini Titik Parkir dan Rekayasa Lalu Lintas Pemberangkatan Haji Tabalong 2023…

by tabalong hari ini
0 comment

Jelang pemberangkatan jamaah haji Tabalong pada Senin, 29 Mei 2023 mendatang, Dinas Perhubungan Tabalong menetapkan rekayasa lalu lintas di kawasan Taman Giat Kota Tanjung. Dalam rekayasa lalu lintas ini, sejumlah ruas jalan di Taman Giat Kota Tanjung akan disterilkan.

Hal tersebut diketahui dari hasil rapat finalisasi persiapan keberangkatan jamaah haji Kabupaten Tabalong tahun 2023 yang digelar Dinas Perhubungan Tabalong bersama sejumlah pihak terkait Sabtu siang, 27 Mei 2023.

Dari rapat tersebut, disepakati sejumlah lokasi yang meliputi lokasi steril dan parkir iring-iringan kendaraan jamaah haji, lokasi parkir mobil dan sepeda motor keluarga jamaah, serta titik rekayasa lalu lintas bagi masyarakat umum.

Diketahui, lokasi steril dan parkir iring-iringan kendaraan jamaah haji berada di ruas kanan jalan Jenderal Sudirman mulai dari Masjid Ash Shirathal Mustaqim Tanjung, masuk ke depan Gedung Saraba Kawa Tanjung, dan menuju Jalan Pangeran Antasari ke arah Selongan.

Lokasi parkir kendaraan keluarga jamaah haji berada di sejumlah titik seperti di halaman Masjid Ash Shirathal Mustaqim Tanjung, ruas kanan jalan Pangeran Antasari dari depan Kantor Bupati hingga Masjid Tanjung, Jalan Kenangan, Jalan Cempaka, Jalan Penghulu Rasyid, Jalan Melati, Jalan Gerilya, Jalan Tepian, Jalan Pangeran Antasari depan Plaza Umaiyyah, hingga di wilayah Selongan depan Pos Dishub.

Baca Juga  Pendaftaran PPK Pemilu 2024 Dilakukan KPU Tabalong Secara Online

Sedangkan arus lalu lintas masyarakat dari arah Kelua dan Mabuun menuju Hikun diarahkan melalui Jalan Penghulu Rasyid. Sedangkan dari arah Hikun menuju Kelua dan Mabuun diarahkan melalui ruas kiri jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Cendrawasih.

“Mungkin tempat parkir sudah kita siapkan, tapi mungkin kapasitasnya tidak sesuai dengan kebutuhan yang diharapkan. Namun demikian, kita fokus pada jemaahnya. Jemaahnya kita fokuskan untuk turun di titik yang sudah kita tentukan untuk kantong parkirnya juga kita sudah siapkan. Namun demikian, tidak sesuai dengan kapasitas. Kemungkinan besar kita himbau bagi anggota pengantar, habis mengantar mungkin balik kanan langsung pulang ke rumah,” ujar AKP Andi Tri Hidaya, Kasat Lantas Polres Tabalong.

“Himbauan kepada para pengantar para calon jemaah haji, kami harapkan untuk datang dengan keadaan tertib dan utamakan keselamatan, dan patuhi apa yang menjadi arahan dan himbauan petugas.” tambah Tumbur P. Manalu, Kadishub Tabalong.

Untuk mengamankan kegiatan keberangkatan haji tahun ini, total 146 petugas gabungan disiagakan, yang terdiri dari 96 personel Polres Tabalong dan 100 personel Satpol PP serta Dishub Tabalong.

Diketahui, tahun 2023, sebanyak 435 jamaah haji Tabalong akan diberangkatkan ke Tanah Suci Mekah. Jamaah haji tersebut terbagi menjadi 2 kelompok, yaitu 330 jamaah di kelompok 2 yang akan berangkat tanggal 29 Mei 2023, dan 145 jamaah di kelompok 13 yang akan berangkat tanggal 14 Juni 2023.

Baca Juga  2 Obyek Wisata di Utara Jadi Fokus Pengamanan Basarnas Saat Libur Lebaran

(Dano Nafarin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment