Ini Cara Konsumsi Daging Biar Tetap Sehat…

by admintv
0 comment

Daging menjadi salah satu sumber protein hewani yang padat nutrisi. Namun tak sedikit sumber protein yang satu ini, dianggap sebagai makanan pemicu masalah kesehatan, salah satunya hipertensi.

Terlebih di momen Idul Adha seperti saat ini, banyak masyarakat yang mednapatkan daging, sehingga kadang tak sedikit orang mengkonsumsi daging secara berlebihan. Hal inilah yang menjadi penyebab utama terganggunya kesehatan akibat mengkonsumsi daging. Padahal jika dikonsumsi dengan porsi yang tepat, tubuh mendapat manfaat dari konsumsi daging.

Untuk mencegah hipertensi saat mengkonsumsi daging, selain membatasi jumlahnya, ahli gizi bambang heryanto menyarankan agar menghindari mengkonsumsi bagian daging yang berlemak. Selain itu pilih cara memasak dengan dipanggang, dikukus atau direbus.

“Yang terpenting untuk orang yang hipertensi, kalau orang ingin juga mengkonsumsi daging, tapi yang pertama harus batasi dulu makan dagingnya jangan terlalu banyak, yang kedua adalah hindari bagian bagian berlemak, kemudian diolah dengan dipanggang, dikukus ataupun direbus bukan untuk digoreng.” Kata Bambang Heryanto, Koor Gizi Puskesmas Murung Pudak.

Selain itu penderita hipertensi juga dianjurkan untuk meminum air yang cukup setelah mengkonsumsi daging, antara delapan hingga sepuluh gelas perharinya. Selain itu, pastikan memasang daging hingga matang, dan hindari mengkonsumsi daging dalam kondisi setengah matang. (Dano Nafarin, TV Tabalong).

Related Articles

Leave a Comment