Ini Beberapa Penyakit Yang Bisa Sebabkan CJH Gagal Berangkat Haji

TVTABALONG.COM – Kementerian Agama menetapkan 4 kriteria kesehatan bagi calon jamaah haji. dari keempat kriteria tersebut, terdapat satu kriteria kesehatan yang berpotensi menggagalkan keberangkatan calon jamaah haji.

Kriteria tersebut masuk dalam kriteria keempat yang tidak memenuhi syarat istithaah haji. Seperti penderita gagal ginjal berat, penyakit jantung parah, penderita kanker stadium akhir dan penderita penyakit menular.

Selain itu, penderita gangguan jiwa berat, juga tidak diperkenankan untuk berangkat haji.

Seperti yang dijelaskan dr. Dina Mekka Ria, penderita dengan ganguan kesehatan berat, dapat mengancam jiwa calon jamaah ketika memaksakan diri berangkat. Karena calon jamaah haji harus menjalankan ibadah yang mengandalkan kekuatan fisik.

apabila dari kriteria di atas tetap berngkat menunaikan ibadah haji, seperti gangguan ginjal berat yg mengancam nyawa, pertolongannya dengan hemogialisa susah, sehingga ditunda keberangkatannya tergntung hasil perkembngan penaykitnya” kata dr. Dina

“ itu nanti yg memutuskan dokter yg dtunjuk oleh tim kesehatan.” tandasnya

Ada beberapa kriteria gangguan kesehatan yang masih memungkinkan penderitanya berangkat haji.

Contohnya calon jamaah yang memenuhi syarat istithaah, tapi memerlukan pendamping dalam keberangkatannya. Seperti orang tua yang memiliki gangguan sendi sehingga dibutuhkan seorang pendamping. Selain itu calon jamaah yang memiliki penyakit tetapi dapat dilakukan terapi dalam 2 bulan, hingga penyakitnya dapat teratasi sebelum keberangkatan.

Selain itu calon jamaah yang memiliki penyakit tetapi dapat dilakukan terapi dalam 2 bulan, hingga penyakitnya dapat teratasi sebelum keberangkatan.

Reporter : Rulyandi Rahman | Redaktur : Hendriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: