Ini Anjuran Dokter Untuk Ibu Menyusui Yang Jalankan Ibadah Puasa

TVTABALONG.COM – Saat dalam masa menyusui, seorang ibu memang memerlukan energi yang lebih banyak, agar produksi asi dan stamina si ibu tetap terjaga. Tetapi berpuasa, bukan menjadi alasan bagi ibu untuk tidak memberikan asi pada anaknya.

Seperti yang dijelaskan dokter spesialis kandungan Rumah Sakit Badaruddin, I Ketut Widnyana,  berpuasa tidak menjadi halangan bagi ibu untuk tetap menyusui, dengan catatan, si ibu tetap memperhatikan asupan cairan dan gizi yang seimbang saat sahur dan berbuka.

Asupan gizi yang seimbang akan membantu ibu untuk menyimpan cadangan nutrisi. Gizi seimbang tersebut, dapat berasal dari makanan dan minuman yang mengandung protein, cairan, vitamin, mineral, dan karbohidrat kompleks.

Kandungan gizi yang dibutuhkan ibu menyusi saat berpuasa, bisa didapat dari sayur mayur, buah-buahan, jus,  otmeal, nasi merah, gandum serta makanan bergizi lainnya.

Selain itu, asupan cairan juga menjadi faktor penting yang perlu diperhatikan saat ibu menyusui berpuasa. Ibu menyusui membutuhnkan setidaknya 12 gelas air atau setada dengan 3 liter per harinya. Konsumsi air ini untuk memastikan kondisi tubuh tidak dehidrasi selama menyusui sambul berpuasa

(Purnamasari)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: