Home Editor's Picks Ibu Rumah Tangga Raup Cuan Jutaan Rupiah dari Bawang Goreng Hamburi

Ibu Rumah Tangga Raup Cuan Jutaan Rupiah dari Bawang Goreng Hamburi

by tabalong hari ini
0 comment

Seorang ibu rumah tangga di Tabalong sukses menekuni usaha produksi bawang goreng, berkat ketekunan dan keuletannya. Dalam sehari, ia mampu memproduksi hingga 100 kilogram bawang merah goreng dengan omzet yang menggiurkan.

Inilah Ananda Firda, seorang ibu rumah tangga berusia 34 tahun, pemilik usaha Hamburi.

Ananda sendiri telah menggeluti usahanya sejak tahun 2016 lalu, dengan menjual berbagai produk makanan dan minuman, seperti jamu, mie habang Banjar, sirup, dan produk unggulan nya yaitu bawang goreng.

Di awal memulai usaha bawang merah goreng, Ananda Firda dulunya hanya melakukannya seorang diri, mulai mengupas bawang merah, mengiris, menggoreng, mengeringkan hingga mengemas. Dengan cara seperti ini, ia hanya mampu memproduksi satu kilogram bawang merah sehari.

Berkat keuletan dan kerja kerasnya selama bertahun-tahun, kini usaha rumahan tersebut mampu memproduksi 100 kilogram bawang merah per hari. Bahkan kini ia mampu mempekerjakan sejumlah orang yang terbagi ke bagian pengupasan bawang maupun bagian dapur.

Produk bawang goreng sendiri dijual di beberapa toko atau mini market yang ada di Tabalong, Amuntai, dan Paringin, melalui sejumlah agen.

Selain itu, penjualan bawang goreng juga dilakukan melalui sosial media seperti Instagram dan WhatsApp, dan kini produknya telah dikirim ke berbagai wilayah di Indonesia, bahkan pernah melakukan pengiriman keluar negeri.

Baca Juga  Bangun Jalan di 3 Desa, Pemkab Gandeng Kodim 1008 Tabalong

Harga bawang merah Hamburi dijual bervariasi, mulai dari 35 ribu rupiah untuk ukuran 130 gram hingga 105 ribu rupiah untuk ukuran 400 gram.

Melalui usaha bawang goreng ini, dalam sebulan, Ananda Firda mampu meraup omzet kotor dari 7 sampai 10 juta rupiah.

Hal tersebut membuktikan bahwa menjadi seorang ibu rumah tangga dan memiliki anak, bukan halangan untuk menjadi wanita yang mandiri dan mampu meningkatkan finansial rumah tangga.

“Dan khusus untuk para perempuan diluar sana, saya harap kita semua bisa bangkit, kita harus berdaya, kita harus mandiri secara finansial, gak harus mapan secara finansial kita mandiri aja dulu karena ketika kita mandiri secara finansial otomatis kita juga mempunyai value kita punya nilai.” Ananda Firda, owner bawang goreng Hamburi.

Ananda Firda menambahkan, target ke depannya dirinya akan terus upgrade diri dan terus melakukan inovasi agar usahanya terus berkembang, sehingga ke depannya dapat bersaing dengan kompetitor-kompetitor lainnya.

(Nova Arianti/ TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment