Hari Sumpah Pemuda, Warga SMAN 1 Tanjung Kenakan Pakaian Adat

by tabalong hari ini
0 comment

Tanggal 28 Oktober Tahun 1928, menjadi hari bersejarah bagi Bangsa Indonesia, karena pada hari itu tercetus ikrar Sumpah Pemuda. Dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda ke 94 Tahun 2022, sekitar 800 warga SMA Negeri 1 Tanjung menggelar upacara di Halaman SMAN 1 Tanjung.

Dalam upacara ini para peserta mulai dari kepala sekolah, dewan guru, hingga para siswanya, mengenakan pakaian adat dari seluruh Indonesia. Hal ini menggambarkan Bhineka Tunggal Ika dan toleransi tetap terjalin erat di sekolah ini.

Kepala SMA Negeri 1 Tanjung, Wagimin mengatakan, peringatan Hari Sumpah Pemuda ini merupakan salah satu momen untuk mempersatukan perbedaan yang ada. Ia pun menilai anak muda berperan penting dalam pembangunan karena menjadi pelopor kemerdekaan dan pembangunan.

“Makanya disini lah momentum sumpah pemuda, yang pertama kita harus menyadari perbedaan itu pasti ada, dan perbedaan itulah sebenarnya kalau kita satukan menjadi kekuatan dan ini harus jadi karakter, yang kedua, pemuda lah pencetus, pelopor inovatif cikal bakal Kemerdekaan Indonesia, dan saat inilah pemuda jadi harapan bangsa untuk jadi super power Indonesia untuk masa depan, dan dari sinilah kita mengenang, mewarisi, apa yang sudah dirintis oleh pendahulu kita,” tuturnya.

Kegiatan ini juga dirangkai dengan karnaval budaya, dimana para peserta menyusuri jalan dari SMAN 1 Tanjung menuju Pasar Kapar, kemudian melewati pasar lama, dan finish kembali di sekolah. Karnaval budaya pakaian adat ini diikuti oleh 22 lokal jurusan yang ada di sekolah ini. Karnaval ini juga dinilai oleh dewan guru yang sudah ditempatkan di beberapa pos penilaian.

(Muhammad Ariadi, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment