Harga Komoditas Produk Ternak Naik, Disbunnak Jelaskan Sebabnya

by admintv
0 comment

TV Tabalong – Sejak beberapa pekan terakhir, sejumlah bahan pokok, serta produk hortikultura di pasaran terpantau mengalami kenaikan harga. Tidak hanya itu, produk peternakan, seperti daging sapi, daging ayam ras, bahkan telur ayam ras juga mengalami kenaikan harga.

Dari hasil pemantauan yang dilakukan 20 Juni di pasar bauntung tanjung, harga daging sapi telah mencapai harga 150 ribu perkilogramnya. Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Tabalong, Norzain Ahmad Yani menuturkan, pasca idul fitri, harga daging sapi tidak mengami penurunan, saat ini penyebabnya lantaran wabah penyakit mulut dan kuku yang menyerang hewan ternak seperti sapi, dibeberapa wilayah di Indonesia.

“memang saat ini ada kenaikan ya, kalau daging sapi ini kan ada kaitan nya dengan wabah pmk yang sekarang sedang terjadi sehingga pasokan untuk kita disini juga agak terganggu karena kita harus selektif untuk memilih sapi yang masuk ke kita itu yang aman dan harus dipastikan aman dari penyakit pmk” Kata Norzain A. Yani, Kepala Disbunnak Tabalong.

Norzain menambahkan, selain daging sapi, adapula daging ayam ras yang mengalami kenaikan harga meskipun sebelumnya sempat terjadi penurunan harga. Adapun penyebab dari naiknya harga ayam ras di pasaran, dikarenakan harga pakan yang cukup tinggi. Naik nya harga pakan ayam juga berdampak terhadap harga telur ayam ras yang saat ini juga mengalami kenaikan harga. (Nova Arianti).

Related Articles

Leave a Comment