Gudang Pangan Siap Dibangun

TVTABALONG.COM – Dinas Ketahanan Pangan Tabalong telah menyiapkan lahan, untuk membangun gudang pangan kabupaten. Lahan yang disiapkan terletak tepat di samping kantor Dinas Ketahanan Pangan yang berlokasi di Desa Maburai Kecamatan Murung Pudak.

Gudang direncakanan dibangun tahun ini dengan dana APBD sebesar Rp 1,7 milyar. Gudang cadangan pangan tersebut diperkirakan memiliki kapasitas penyimpanan hingga mencapai 100 ton.

Gudang cadangan pangan diperuntukkan bagi penyimpanan stok pangan berupa gabah, yang akan dipakai untuk menyuplai saat terjadi kelangkaan pangan, maupun kebutuhan pasca bencana.

Kepala bidang distribusi Dinas Ketahanan Pangan Tabalong, Mokhamad Nur’aini, memastikan, ketersediaan gudang pangan dapat menstabilkan harga pangan di pasaran, meski suplai menurun.

“karena sudah diamanahkan dalam undang-undang 18 tahun 2012 tentang pangan, kemudian ada PP nya juga, bahwasanya memang ini nantinya dimaksudkan untuk meningkatkan ketersediaan, menyediakan, kemudian bisa menyalurkan (stok pangan) apabila ada bencana alam” jelas Nur’aini

“arahnya nanti untuk antisipasi pasca bencana, kemudian jika terjadi gejolak harga” tambahnya

Nur’aini mengatakan, meski Tabalong mengalami surplus beras dalam beberapa tahun terakhir, namun pemerintah daerah memiliki kewajiban untuk memastikan ketersediaan pangan saat terjadi kelangkaan. Gudang cadangan pangan juga berfungsi meratakan ketersediaan pangan di Tabalong.

Reporter : Normansyah | Redaktur : Hendriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: