Golongan Darah & Nomor Surat Nikah Bakal Dicantumkan di Kartu Keluarga


TVTABALONG.COM – Selain kolom penghayat kepercayaan di ktp elektronik, pemerintah pusat juga melakukan perubahan pada format kartu keluarga. Yang mana pada format baru di kartu keluarga, dicantumkan golongan darah dan nomor surat nikah. Tapi pelayanan perubahan kartu keluarga ini pun, masih menunggu kesiapan aplikasi dari kementrian.

Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 118 Tahun 2017, format kartu keluarga, akan mengalami perubahan. Berdasarkan peraturan tersebut, akan ada penambahan kolom golongan darah, dan pencatuman nomor surat nikah.

Meski regulasinya telah dikeluarkan, kepala bidang pelayanan pendaftaran penduduk Disdukcapil Tabalong, Husaini mengatakan, pengubahan format kartu keluarga belum bisa dilaksanakan. Karena saat ini disdukcapil masih menunggu kesiapan aplikasi dari kementrian.

Husaini menambahkan, penambahan kolom golongan darah untuk memudahkan mendeteksi golongan darah. Sehingga memudahkan saat keadaan darurat.

Sedangkan kolom nomor surat nikah, untuk mendeteksi perkawinan yang tidak tercatat. Selain itu, kolom tersebut juga berguna untuk mengetahui status pernikahan, apakah menikah secara hukum negara atau sah secara agama.

(Syarif Hidayat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: