Home Editor's Picks Goa Liang Tapah, Destinasi Wisata Seru Saat Libur Lebaran

Goa Liang Tapah, Destinasi Wisata Seru Saat Libur Lebaran

by tabalong hari ini
0 comment

Momen liburan Hari Raya Idul Fitri tahun 2023, berbagai macam wisata alam di Kabupaten Tabalong dapat dijadikan tempat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Salah satunya objek wisata Goa Liang Tapah di Desa Garagata, Kecamatan Jaro.

Jika umumnya goa hanyalah lubang yang gelap dengan stalagmit dan stalaktit sebagai pelengkapnya, Goa Liang Tapah justru berbeda. Goa ini memiliki aliran air bawah tanah yang menjadikan Goa Liang Tapah memilki keistimewaan tersendiri.

Di Goa Liang Tapah, pengunjung juga dapat menikmati sensasi berenang di kolam mulut goa dengan air yang jernih, sejuk, dan berwarna biru. Selain berenang, pengunjung pun dapat mengeksplorasi goa sepanjang kurang lebih 225 meter ini dan menemukan berbagai macam stalagmit dan stalaktit yang unik, seperti stalagmit berbentuk payung ataupun telaga bidadari yang berada pada kedalaman Goa Liang Tapah.

Pengelola wisata Goa Liang Tapah, Ahmad Yani, mengatakan bahwa Goa Liang Tapah dibuka setiap hari dari pukul 9 pagi hingga pukul 5 sore dengan biaya masuk sebesar 5 ribu rupiah untuk orang dewasa dan 3 ribu rupiah untuk anak-anak.

“Kalau yang sudah pernah kan masuk sendiri, kalau nda pernah ya pakai guide. Guide kami kan tersedia disini, siapa tahukan namanya wisata alam bisa ada ular, bisa ada binatang-binatang seperti lipan, itukan harus hati-hati. Kalau ada pemandu kan dia ada membawa lampu. Biasanya kan sebagian kalau membawa hp aja, jadi kurang fokus melihat di dalamnya,” ujar Ahmad Yani.

Baca Juga  Pemkab Tabalong Minta Perusahaan Bayar THR Paling Lambat H-7 Idul Fitri

Kini Goa Liang Tapah memiliki beberapa fasilitas seperti mushola, WC, penitipan barang, warung, gazebo, serta penyewaan wahana seperti perahu yang dibanderol 30 ribu perjamnya atau pelampung dengan biaya 10 ribu untuk ukuran yang besar dan 5 ribu rupiah untuk yang kecil.

Diketahui, Goa Liang Tapah kini sangat mudah diakses baik untuk kendaraan roda dua maupun roda empat. Bahkan kini kendaraan dapat diparkir langsung di depan kolam.

(Dano Nafarin/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment