Gerai Vaksin Rutan Tanjung Dibuka Selasa Dan Kamis

by admintv
0 comment

Kunjungan warga binaan di Rutan Tanjung kini dilengkapi dengan gerai vaksinasi. Gerai vaksin dibuka pada hari selasa dan kamis sesuai jadwal kunjungan tatap muka, yang menyasar keluarga warga binaan yang belum melakukan vaksinasi. Karena sesuai aturan, masyarakat yang ingin melakukan kunjungan tatap muka, wajib sudah divaksin dosis ketiga atau booster.

Gerai vaksinasi ini merupakan kerjasama antara Rumah Tahanan Negara Tanjung, dengan Puskesmas Hikun, yang menyediakan berbagai jenis vaksin. Mulai dari sinovac, astrazeneca, pfizer, dan moderna. Untuk waktu pelayanan sendiri dibuka sejak pukul 8.30 hingga 12 wita pada hari kunjungan selasa dan Kamis.

“Jadi tujuannya untuk melayani masyarakat dan juga sekaligus keluarga dari tahanan atau narapidana yang akan berkunjung ke rutan tanjung, namun mereka belum divaksin bisa kita layani langsung disini, sehingga ketika mereka misalkan sudah vaksin kedua, namun belum vaksin ketiga, mereka bisa langsung vaksin ketiga atau booster, dan setelah vaksin mereka kita izinkan untuk berkunjung ke rutan” Kata Rommy Waskita Pambudi, Kepala Rutan Kelas IIB Tanjung.

Terpantau pada hari pertama pelaksanaan vaksinasi, pada 12 Juli 2022, masyarakat cukup antusias mengikuti vaksinasi di lokasi ini. Rencananya, gerai vaksin ini akan dibuka selama masa kunjungan berlangsung, hal ini disampaikan langsung kepala puskesmas hikun pada saat meninjau pelaksanaan vaksinasi.

“Untuk yang kedepan ini memang sudah kita rencanakan di hari selasa sama hari Kamis, jadi untuk pelaksaan tersebut, yang kita sasar itu dari pengunjung, selain daripada napi yang didalam, juga ada keluarga napi yang berkunjung, jadi kita cek, kita liat, nanti kalau misalnya belum vaksinasi, kita vaksin disini, kita juga tidak melayani booster saja, jadi kita untuk pelayanan vaksinasi ini juga untuk yang pertama, maupun kedua, maupun ketiga atau booster” Kata Akhmad Sabirin, Kepala Puskesmas Hikun.

Pihak Rutan sendiri juga mengupayakan agar gerai vaksinasi ini dapat buka setiap hari di rutan tanjung, meski tidak dibarengi dengan jadwal kunjungan. Sehingga dengan hal tersebut, dapat lebih banyak lagi masyarakat yang melakukan vaksinasi, agar target capaian vaksinasi dapat tercapai sesuai keinginan Pemerintah Kabupaten Tabalong. (Muhammad Ariadi, TV Tabalong).

Related Articles

Leave a Comment