Genta Si Hijau, Ajak Warga Banua Lawas Tanam Ratusan Pohon Angsana

TVTABALONG.COM – Jajaran pemerintah daerah bersama masyarakat Banua Lawas, bergotong royong menanam 130 pohon angsana, pada 5 April 2019. Aksi penanaman pohon dilakukan dalam Gerakan Tabalong Bersih Dan Hijau, di sepanjang jalan ibu kota Kecamatan Banua Lawas.

Aksi penanaman pohon ini, juga untuk memperingati hari bumi yang jatuh setiap tanggal 22 April. Kegiatan sengaja melibatkan masyarakat, untuk meningkatkan kesadaran warga dalam menjaga alam, sehingga tercipta lingkungan asri rindang dan nyaman.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Rowi Rawatianice meminta, partisipasi masyarakat sekitar untuk menjaga dan merawat pohon yang ditanam. Telebih menurut Rowi perawatan pohon angsana tergolong mudah, dengan persentase gagal rendah. Sehingga tidak membebani masyarakat dalam perawatan.

“merawatnya kita berharap bahwa partisipasi masyarakat disini ikut merawat, tetapi kami secara berkala mengontrol kesini” kata Rowi

kenapa jadi dipilih tanaman angsana, karena relatif lebih nyaman. Ketika ditanam tidak terlalu butuh perawatan

“Pemupukan juga nanti akan dilakukan dalam waktu 3 atau 6 bulan”

“pengalaman yang sudah ada kita bisa lihat Dari Monumen Tanjung Puri sampai Aston itu usia setahun pertumbuhannya cukup pesat dan potensi matinya kecil.”

Warga kecamatan Banua Lawas, menyambut positif aksi penanaman pohon ini. Mereka pun bersedia merawat dan menjaga pohon, sehingga dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

“ya bagus, jadi jalanan kelihatan bagus kaya di kota-kota lain. Mendukung aja” kata salah seorang warga, Adul

Sependapat dengan Adul, Maulida, seorang siswi juga setuju penanaman bisa memperindah suasana.

itu untuk memperindah dan membuat tanaman hijau di sepanjang jalan agar kelihatannya sejuk dan nyaman, supaya menambah kesejukan, menambah oksigen agar bernafas nyaman dan bernaung juga nyaman” katanya

“agar bisa ditambah lagi pohon-pohon dan bunga juga agar lebih indah kelihatannya”

Selanjutnya Dinas Lingkungan Hidup Tabalong, juga akan melakukan penanaman pohon, di sepanjang pertigaan Islamic Center Mabuun, menuju Komplek Guru Danau. Sehingga penghijauan merata, baik di daerah pedesaan mapun perkotaan.

Reporter : Muhammad Aditya | Redaktur : Hendriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: