Final Kompetensi Proyek 2018 YABN, Tanamkan Pola Pikir Kritis Pada Peserta

Mengusung tema keterampilan abad 21, Yayasan Adaro Bangun Negeri gelar final kompetensi proyek tahun 2018. Para peserta yang berasal dari siswa sekolah di Kabupaten Tabalong dan Balangan, bersaing menampilkan proyek penelitian dan mempresentasikannya di hadapan dewan juri.

TVTABALONG.COM – Final kompetensi proyek yang rutin diselenggarakan Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN ) setiap tahun, kali ini berlangsung dari tanggal 17 sampai 18 November 2018.

Mengusung tema keterampilan abad 21, peserta tidak hanya diarahkan menampilkan penelitian yang bermanfaat, tetapi yang tak kalah penting ialah sikap dan pola pikir kritis peserta harus tertanam, agar penelitian nantinya bermanfaat di masa mendatang.

[the_ad id=”6447″]

Dalam kompetensi kali ini ada dua kategori lomba, yaitu final kompetisi Adaro Based Creative Education (ABCE), seperti penelitian di bidang medis, pertanian, maupun elektronika, yang diikuti 37 kelompok.

Selain itu ialah lomba kreasi olahan berbahan dasar potensi lokal, yang diikuti 27 kelompok, siswa sekolah tingkat SMA, SMK, MA di Tabalong dan Balangan.

Baca Juga : Karya Menarik di Final ABCE 2018, Dari Tanah Sawah Jadi Sumber Listrik Hingga Baju Anti Nyamuk

Operation Session Head YABN, Deri Anggraeni mengatakan, proyek yang telah ditampilkan para peserta diharap tidak berhenti pada kompetisi kali ini. Tetapi dapat dikembangkan lagi, sehingga bermanfaat bagi masyarakat.

Salah satu peserta dari SMK Negeri 1 Tanjung, menampilkan olahan pangan lokal yaitu jengkol atau jaring serundeng pedas.

Dipilihnya penganan ini untuk ditampilkan, karena dapat jengkol merupakan jenis makanan yang mudah ditemukan di Tabalong, dan banyak disukai masyarakat.

Sebelum tampil dalam final kali ini, selama satu tahun sebelumnya, para peserta di bidang sains telah dibimbing oleh konsultan YABN.

Pembinaan diberikan untuk memberikan gambaran terkait judul penelitian, proses pengerjaan, sampai hasil yang akan ditampilkan. Agar penelitian yang dilakukan peserta lebih maksimal dan terarah.

Penulis : Syarif Hidayat
Editor : Hendriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: